Persib Enggan Terlena Hasil Buruk Persela Di Piala Gubernur Jatim

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA – Persib Bandung akan melakoni laga perdana Liga 1 menghadapi Persela Lamongan. Laga tersebut digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 1 Maret 2020.

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Pelatih Persib, Robert Alberts, tidak ingin terlena dengan hasil buruk Laskar Joko Tingkir di turnamen pramusim Piala Gubernur Jawa Timur. Dalam ajang tersebut, Persela belum pernah meraih kemenangan dan menghuni dasar klasemen.

Menurutnya, ajang pra musim bukan persoalan hasil akhir pertandingan. Tapi, untuk melihat kekurangan dan kelebihan tim sebelum kompetisi Liga 1 dimulai.

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

Duel Persib vs Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Hasil di pramusim tidak dihitung, maksud saya, sekali lagi, pramusim bukan soal hasil tapi bagaimana membangun tim dan kadang justru bagus ketika menelan kekalahan di pramusim. Karena bisa menjadi pembelajaran dari kesalahan yang dilakukan," ujar Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Kamis 27 Februari 2020.

Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

Seperti diketahui, Persela hanya meraih satu poin dari tiga laga di Piala Gubernur Jatim. Rinciannya dua kali menelan kekalahan kontra Arema FC dan Persija Jakarta. Kemudian, ditahan imbang tim asal Malaysia, Sabah FA.

"Jika terus mendapat hasil bagus di pramusim, bisa saja saat memulai liga tim tersebut malah menelan kekalahan dan orang-orang sudah punya ekspektasi tinggi," jelas pria berusia 65 tahun ini.

Maka dari itu, Robert tidak menilai kekuatan sebuah tim dari hasil pramusim. Sering kali dilaga pramusim meraih hasil buruk tapi di kompetisi sebenarnya tim tersebut menunjukan perfoma menjanjikan.

"Karena mereka (di pramusim) melakukan banyak percobaan, seperti formasi baru, pemain baru dan memang butuh waktu untuk membangun itu. Jadi itu kenapa saya tidak pernah melihat hasil di masa pramusim, baik untuk tim kami maupun tim lain," tuturnya.

"Sepanjang saya melihat pemain fit dan sepanjang saya melihat pemain dalam sikap yang positif, itu yang hal yang menurut saya paling penting," lanjut Robert.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya