Kasihan, Misi Timnas Singapura ke Piala Dunia 2034 Direcoki Pemerintah

Tim nasional sepakbola Singapura
Sumber :
  • Twitter/@FASingapore

VIVA – Federasi Sepakbola Singapura (FAS) mempertanyakan sikap Kementerian Kebudayaan, Masyarakat dan Pemuda Singapura (MCCY) yang dituding tak mendukung misi besar timnas Negeri Singa untuk lolos Piala Dunia 2034 mendatang. Hal ini pun jadi polemik di kalangan parlemen dan pejabat pemerintahan.

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Seperti diketahui, tim nasional Singapura telah mengusung misi ambisius berlabel "Goal 2034" sebagai kampanye besar meloloskan The Lions ke putaran final Piala Dunia 2034.

Adapun tujuan didengungkannya Goal 2034 yakni agar seluruh elemen masyarakat dan para pihak terkait dapat mendukung dan mensukseskan target fenomenal tersebut.

Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun

Sayangnya, di tengah bergulirnya pembenahan dan program menatap optimisme misi Goal 2034 itu pernyataan kontroversial justru mengemuka dari Sekretaris Senior Parlemen Kementerian Kebudayaan, Masyarakat dan Pemuda Singapura (MCCY), Baey Yam Keng.

Saat berbicara di hadapan Parlemen Singapura yang menanyakan posisi MCCY dalam Goal 2034, Baey Yam Keng justru mengatakan bahwa Goal 2034 hanyalah misi yang ditetapkan oleh FAS semata saja dan bukan oleh pemerintah.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

“Goal 2034 adalah misi yang ditetapkan oleh FAS. Itu bukan program yang ditetapkan oleh pemerintah. Jadi peran pemerintah adalah untuk mendukung National Sports Association (NSA) kita sedapat mungkin. Kami telah meminta FAS untuk memberikan pengarahan tentang bagaimana mereka menetapkan misi tersebut untuk mencapai tujuan," ungkap Baey seperti dikutip FOX Sports News.

Sontak pernyataan tersebut menyulut reaksi keras FAS yang langsung membeberkan kejadian tersebut dalam akun Facebook resmi mereka, Football Association of Singapore, Sabtu 7 Maret 2020.

FAS meminta klarifikasi MCCY jika jawaban Baey mewakili posisi pemerintah dan mengatakan bahwa akan sulit untuk mencapai target kualifikasi untuk Piala Dunia dalam waktu 14 tahun tanpa dukungan dari pemerintah.

“Goal 2034 adalah aspirasi jangka panjang. Ini adalah misi yang FAS antusias untuk memimpinnya, tetapi harus menjadi juag tujuan negara, dan semua pemangku kepentingannya. Ini memberi kita peluang terbaik untuk berhasil,” tulis penyataan FAS itu.

“Dalam nada itu, sangat mengejutkan mendengar SPS Baey Yam Keng mengatakan di Parlemen bahwa Goal 2034 bukanlah tujuan Pemerintah, dan itu hanya tujuan FAS. Itu bukan pemahaman kami. Kami harus mengklarifikasi ini dengan MCCY, untuk memastikan apakah ini mewakili posisi MCCY," jelas pernyataan tersebut.

“Jika Goal 2034 bukan misi yang dapat didukung negara, maka akan sangat sulit baginya untuk berhasil. Kami akan berusaha membahas ini dengan MCCY pada kesempatan paling awal,” tutup klarifikasi FAS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya