Penjagal Kaki Evan Dimas Main Bareng Titisan Messi di Belanda

Pemain Timnas Vietnam, Doan Van Hau, melakoni debut bersama SC Heerenveen
Sumber :
  • Instagram/@scheerenveenofficial

VIVA – Masih ingat dengan Doan Van Hau? Ya, Van Hau adalah defender Timnas Vietnam yang membuat bintang Timnas Indonesia, Evan Dimas, cedera parah, dalam laga final SEA Games 2019 lalu.

Klasemen Piala Asia U-23 2024 Usai Timnas Indonesia Ditekuk Qatar

Van Hau bak malaikat maut buat Tim Garuda dalam laga itu. Dua golnya ke gawang Nadeo Argawinata di laga final (menit 39 dan 73), melengkapi kegagalan pasukan Indra Sjafri di ajang dua tahunan itu. Indonesia kalah telak 0-3 dalam laga yang digelar di Rizal Memorial Stadium, Manila, 10 Desember 2019. 

Selain dua gol Van Hau, satu gol kemenangan armada The Golden Star juga dibuat oleh Do Hung Dung pada menit 59.

Wasit Musuh Terbesar Timnas Indonesia U-23, Ini 4 Kontroversi Nasrullo Kabirov Semalam

Sejumlah suporter dan netizens Indonesia marah besar kepada Van Hau. Sebab dalam laga itu, pemain berusia 20 tahun ini membuat Evan cedera parah dan harus ditarik keluar. Tak ayal, media sosial pribadinya dihujani banyak caci maki suporter dan netizen Indonesia.

Van Hau memang sudah meminta maaf setelah melakukan aksi brutalnya. Meskipun, masih banyak masyarakat Indonesia yang menaruh kemarahan kepadanya.

Orang Terdekat Shin Tae-yong Bongkar Keanehan Sebelum Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Qatar

Beberap mungkin sudah tahu bahwa Van Hau baru saja mendapat kontrak pinjaman dari klub Eredivisie, SC Heerenveen. Ya, pemain yang berposisi sebagai full-back kiri ini dipinjam runner-up Eredivisie 1999/2000, awal September lalu.

Setelah resmi berseragam Heerenveen, Van Hau mendapat kesempatan melakoni debut bersama The Super Frisians. Menurut data yang dikutip Sc-heerenveen.nl, tepatnya pada 17 September 2019, Van Hau tampil perdana bersama Heerenveen saat berhadapan dengan Roda JC. 

Dalam laga itu, Van Hau masuk pada menit 90+2. Meski hanya bermain sebentar, laga yang berakhir 2-0 untuk kemenangan Heerenveen jelas punya arti penting buat karier pemain kelahiran 19 April 1999 itu.

Di sisi lain, ternyata Van Hau juga satu klub dengan pemain yang pernah digadang sebagai titisan Lionel Messi, Alen Halilovic. Seperti yang diketahui, karier Halilovic tak berjalan mulus meski pernah diboyong Barcelona musim 2015/2016.

Ia terbuang dari Camp Nou setelah sempat dipinjamkan ke Sporting Gijon (2015/2016), dan akhirnya dilepas ke Hamburg SV pada 2016. Halilovic sempat dipinjamkan ke Las Palmas (2017), dan dijual ke AC Milan (2018). Saat ini status Halilovic di Heerenveen adalah pemain pinjaman dari Milan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya