5 Pemain Sepakbola yang Memiliki Kecerdasan di Atas Rata-rata

Pemain Paris Saint-Germain, Angel di Maria
Sumber :
  • Twitter/ UEFA Liga Champions

VIVA – Menjadi pemain sepakbola di era modern seperti saat ini tidak hanya mengandalkan fisik yang kuat saja. Namun mereka harus memiliki kecerdasan yang di atas rata-rata. 

Jose Mourinho Siap Kembali Ngelatih, Ini Klub Tujuannya

Bahkan di era sepakbola yang cukup maju ini, lebih banyak mengadalkan otak daripada otot. Pertarungan fisik memang masih menjadi ciri khas disepakbola.

Namun di sisi lain pemain juga harus dituntut untuk berpikir cepat saat menghadapi situasi. Kecerdasan dalam sepakbola sangat berbeda dengan yang lainnya. 

Pemain Ini Bisa Jadi Kartu As Arsenal Dapatkan Musiala

Berikut ini pemain sepakbola dengan kecerdasan di atas rata-rata dikutip dari Sportkeeda:

1. Angel Di Maria (Paris Saint-Germain): PSG memang memiliki dua penyerang hebat, Kylian Mbappe dan Neymar. Namun, dibalik ketajaman mereka ada pemain dengan kecerdasan luar biasa, Angel Di Maria. 

Suporter Bayern Munich Dilarang ke Markas Arsenal

Dengan kecerdasan yang ia miliki, Di Maria mampu mengobrak-abrik pertahanan lawan. Selain itu, ia juga ahli dalam menguasai bola. Ia bisa melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan pemain lain. Bahkan saat di Manchester United di mana merupakan musim terburuknya ia masih bisa memberikan 12 assist.

2. Frenkie De Jong (Barcelona): Tim yang memainkan sepakbola ekspansif sangat bergantung kepada gelandang bertahan mereka. De Jong adalah pemain yang harus membawa bola ke mana-mana, dari peluang yang sempit dan memilih opsi untuk mengumpan. 

De Jong bisa melakukannya dengan baik. Bahkan ia digadang-gadang menjadi penerus dari Sergio Busquets dan Xavi Hernandez. De Jong tidak hanya dapat bekerja dengan rapi, tapi juga bisa melakukan dengan tempo yang tinggi. 

Frenkie de Jong

3. Bruno Fernades (Manchester United): Kedatangan Bruno Fernandes di Old Trafford sangat membantu MU. Ia adalah salah satu pemain tengah yang memiliki kreativitas yang cukup bagus. 

Fernandes selalu berusaha untuk memberikan umpan ke depan. Ia adalah pengumpan yang sangat cepat dan sering memberikan bola kepada penyerang, sebelum para pemain belakang berkedip. 

Ferandes memiliki akurasi umpan yang luar biasa. Ia kini dibandingkan dengan legenda MU, Paul Scholes. 

4. Roberto Firmino (Liverpool): Ia adalah aktor dibalik produktifitas Mohamed Salah dan Sadio Mane. Pemain internasional Brasil ini memiliki teknik luar biasa, operan dan tendangannya sangat membuat para penyerang The Reds merasa nyaman. 

Firmino terkadang bisa turun sampai ke belakang dan memberikan kesempatan rekannya untuk mendapatkan ruang. Dengan permainan Firmino tersebut, ia berhasil membawa Liverpool menjadi juara Premier League musim 2019/2020. 

Arsenal vs Liverpool, Roberto Firmino berebut bola dengan Bukayo Saka

5. Thomas Mueller (Bayern Munich): Pemain internasional Jerman ini tidak memiliki fisik yang baik dalam sepakbola. Bahkan terkadang penampilannya biasa-biasa saja. 

Tapi pergerakan dari Mueller cukup sulit untuk dijaga oleh bek lawan. Ia bisa berlari dan tiba-tiba muncul di ruang yang tidak terduga. 

Mueller juga seorang pembaca permainan yang sangat baik. Ia sering mengantisipasi bola di dalam kotak penalti lebih baik dari pemain lainnya. Itulah alasannya kenapa ia bisa dengan mudah mencetak gol. 

Musim 2019/2020 ini Mueller berhasil membaw Bayern menjadi juara Bundesliga dan lolos ke semifinal Liga Champions. Ia juga berhasil memberikan 21 assist dan mencetak 36 gol di Bundesliga.

Bintang Bayern Munich, Thomas Mueller

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya