Catatan Dendam Kesumat Ronaldo Lawan Messi, Gak Ada Habisnya!

Cristiano Ronaldo versus Lionel Messi
Sumber :

VIVA – Sejarah tentu akan mencatatkan rivalitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sebagai salah satu yang paling sengit dalam sejarah sepakbola. Mungkin mengalahkan serunya rivalitas Steven Gerrard kontra Frank Lampard atau Patrick Viera vs Roy Keane di Premier League. 

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

Ya, pecinta sepakbola kini tengah dihangatkan dengan isu menarik yang sebelumnya sempat menjadi fantasi. Cristiano Ronaldo yang kini membela Juventus dikabarkan akan hijrah ke Barcelona yang menjadi rumah sang rival Lionel Messi.

Terlepas apakah duet impian ini bakal terwujud atau tidak, tentu menarik untuk kembali mengulas sejarah panjang rivalitas dua pemain bintang yang harus ditakdirkan hidup di era yang sama ini. Dua pemain ini yang juga sukses memecah pecinta sepakbola menjadi dua kubu yang berseberangan.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Tak hanya saat tampil di lapangan hijau ataupun torehan gelar yang dikoleksinya baik untuk klub, negara maupun pribadi. Banyak yang juga mengaitkan rivalitas keduanya hingga soal asmara hingga kekayaan. Unik bahkan terkesan kocak memang.

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo

Lionel Messi Absen, Timnas Argentina Bantai Kosta Rika

Rivalitas keduanya semakin 'hot' tentu saat Ronaldo memutuskan untuk hijrah ke La Liga setelah diboyong Real Madrid. Makin lebar lah jurang Ronaldo mania kontra fans Messi. Jagoan mereka akan sering bertemu dan tentu akan semakin memperbanyak 'bahan' untuk saling menyerang diantara kedua pendukungnya.

Tapi faktanya, dua megabintang ini hanya ditakdirkan bertemu dua kali di final bergengsi. Pertama, Ronaldo dan Messi bertemu di final Champions League 2008/2009. Pada laga yang digelar di Stadion Olimpico Roma, 27 Mei 2009, Fans Messi punya bahan mengejek pengaggum CR7. 

Kala itu Barca menang 2-0 atas Manchester United. Sialnya lagi bagi fans MU dan pengagum Ronaldo, sang rival berhasil mencetak gol pembuka Blaugrana sebelum dilengkapi gol Samuel Eto'o. Lebih sakit lagi, Barca menyabet treble winners saat itu. Fans Messi tersenyum lebar saat itu.

Pertemuan keduanya di final bergengsi terjadi saat El Real dan Blaugrana berjumpa di Copa del Rey 2010/2011. Saat itu giliran penggila Ronaldo yang punya 'bahan' meledek fans Barca dan Messi tentunya.

Bintang Barcelona, Lionel Messi

Di final yang berlangsung pada 20 April 2011 di Estadio Mestalla, Valencia, Ronaldo sukses membawa Madrid meraih trofi Piala Raja berkat gol tunggalnya ke gawang Barcelona. Bisa ditebak, hasil ini membuat fans Messi 'terdiam'. Skor CR7 versus Messiah jadi 1-1.

Lalu rekor pertemuannya disemua laga sebenarnya siapa yang unggul? Berbicara rivalitas keduanya di atas lapangan hijau, tercatat keduanya telah bersua di 35 pertandingan, baik saat Ronaldo masih membela panji MU, Madrid hingga timnas Portugal.

Dari data yang redaksi rangkum, pertemuan langsung kedua mega bintang lapangan hijau ini terjadi di Champions League, 23 April 2008. Saat itu hasil pertandingan sama kuat dengan nirgol.

Beberapa catatan menarik juga tersaji dalam sejarah pertemuan keduanya. Ternyata dari 35 pertemuan Ronaldo dan Messi di lapangan hijau, keduanya hanya bertemu dengan status laga uji coba saat membela negaranya masing-masing yakni pada 9 Februari 2011 dan 18 November 2014. Lagi-lagi keduanya berbalas kemenangan.

Lalu siapa yang lebih jago? Jika mengerucut data statistik rekor pertemuan keduanya, Messi memang unggul dari Ronaldo. Messi memenangkan 16 pertemuan. Kalah 10 kali dan imbang 9 kali. Begitu juga dengan torehan gol. Messi total mencetak 22 gol sedang Ronaldo hanya 19 gol.

Begitu juga dengan torehan gelar yang diraih keduanya. Dari beberapa kompetisi bergengsi, Messi unggul dengan total 27 gelar bersama Barcelona sedangkan Ronaldo dengan total 24 gelar. Belum juga dengan torehan prestasi sebagai pemain (individu) dimana Messi mengoleksi lebih dari 70 penghargaan saat Ronaldo hanya mengoleksi lebih dari 60 penghargaan. Fans Messi di atas angin.

Namun catatan gelar yang ditorehkan Messi itu tetap ada celahnya di mata fans Ronaldo. Amunisi untuk menyerang fans Messi masih ada kok ternyata. Cukup dengan pertanyaan, Messi berani tidak meraih kesuksesan tanpa seragam Barcelona. Ronaldo berani dengan bukti gelar saat membela MU dan Madrid. Sekarang dengan Juventus.

Eh satu lagi, Messi pernah tidak membawa Argentina juara di laga bergengsi? Portugal pernah jadi kampiun Eropa. Argentina bersama Messi tak pernah jadi penguasa Amerika Latin. Nah lo....
 

Baca juga: Gila, Juventus Tawarkan Ronaldo ke Barcelona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya