Tragis, Raksasa Arab Saudi Terbuang dari Liga Champions karena Corona

Juara bertahan Liga Champions Asia, Al Hilal
Sumber :
  • bna.bh

VIVA – Klub raksasa Arab Saudi, Al Hilal harus menerima kenyataan pahit terbuang dari Liga Champions Asia. Al Hilal dihantam badai virus Corona COVID-19, dengan 15 pemainnya dinyatakan terjangkit.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Alhasil, dalam laga melawan Shabab Al Ahli Dubai, Kamis dini hari WIB, 24 September 2020, sang juara bertahan hanya mendaftarkan sembilan pemain di starting line-up mereka, ditambah dua penjaga gawang di bangku cadangan.

AFC sebenarnya sudah mengizinkan Al Hilal untuk menambah dua penjaga gawang guna menggantikan mereka yang dinyatakan positif COVID-19.

Liga Champions Asia dan Piala AFC Berubah Format Musim Depan, Klub Indonesia Ikut yang Mana?

Namun, jumlah itu juga tak cukup memenuhi aturan AFC yang menyatakan tim harus memasukan minimal 13 pemain di pertandingan mereka.

Cristiano Ronaldo Gigit Jari, Ini 4 Klub yang Tembus Semifinal Liga Champions Asia

Baca Juga: Sadis, Rayuan Nakal Madonna Minta Bercinta dengan Dennis Rodman

Sejak awal, Al Hilal sudah salah. Pasalnya, mereka hanya mendaftarkan 30 pemain, padahal setiap tim diperbolehkan mendaftarkan 35 pemain. Itupun Al Hilal hanya memberangkatkan 27 pemain ke Doha.

Segala cara sudah dilakukan Al Hilal dan federasi sepakbola Arab Saudi. Mereka meminta agar AFC mau menunda pertandingan.

Namun AFC menolak dengan mengatakan itu akan memiliki dampak negatif yang besar pada jadwal kompetisi dan tidak ada pengecualian yang diberikan.

"Jika tim atau klub yang berpartisipasi memiliki kurang dari 13 pemain (termasuk satu penjaga gawang) yang tersedia untuk pertandingan karena alasan apa pun (apakah terkait dengan Covid-19 atau tidak), klub yang relevan tidak boleh berpartisipasi dalam pertandingan tersebut," demikian pernyataan AFC.

"Tim atau klub yang berpartisipasi harus bertanggung jawab atas pertandingan yang gagal dilangsungkan dan akan dianggap telah mengundurkan diri dari kompetisi yang relevan. Tim atau klub yang berpartisipasi dan asosiasi anggota afiliasinya harus tunduk pada ketentuan dan peraturan kompetisi sebagaimana yang berlaku," sambung pernyataan itu.
 

Baca Juga: Dennis Rodman Tercengang Gara-gara Fantasi Seks Liar Mantan Istrinya

Praktis, Al Hilal yang diperkuat sejumlah pemain papan atas dunia, seperti eks penyerang Juventus, Sebastian Giovinco, mantan striker Lyon, Bafetimbi Gomis, hingga pemain sayap asal Peru, Andre Carillo harus tersingkir di fase grup.

Setelah Al Hilal tersingkir,  Pakhtakor dari Uzbekistan dan Shabab Al Ahli Dubai sukses melaju ke babak 16 besar dari Grup B.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya