Liga Champions dan Liga Europa Pertahankan Aturan 5 Pergantian Pemain

Ilustrasi pergantian pemain di Liga Champions.
Sumber :
  • The Score

VIVA – UEFA telah mengonfirmasi bahwa setiap klub tetap diizinkan melakukan lima pergantian pemain per pertandingan di Liga Champions dan Liga Europa 2020/2021.

Suporter Bayern Munich Dilarang ke Markas Arsenal

Keputusan tersebut lahir setelah Komite Eksekutif badan sepakbola Eropa itu mengadakan pertemuan, pada Kamis 24 September 2020, untuk menyelesaikan berbagai masalah yang akan terjadi di tahun 2020 dan 2021.

Baca Juga: Kejutan, 3 Besar Kandidat Pemain Terbaik UEFA Tanpa Messi-Ronaldo

Jadwal Babak Perempat Final Liga Champions: Manchester City ketemu Real Madrid

Bisa dibilang keputusan terbesar yang dibuat adalah mempertahankan aturan pergantian pemain dalam setiap pertandingan. Sebelumnya, aturan maksimal 5 pergantian pemain bagi masing-masing klub telah diberlakukan selepas restart kompetisi akibat pandemi virus Corona.

Aturan tersebut diputusan oleh Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) pada Mei 2020. Aturan ini juga telah diperpanjang hingga Agustus 2021.

Drawing Perempat Final Liga Europa: Liverpool Vs Atalanta dan Duel Wakil Serie A

Meskipun, beberapa kompetisi seperti Premier League telah memilih untuk mengembalikan aturan 3 pergantian pemain dalam satu pertandingan pada musim ini. Tetapi, UEFA mengambil sikap untuk senada dengan keputusan yang dibuat IFAB karena 5 pergantian bisa meringankan beban pemain saat menjalani kompetisi di tengah pandemi COVID-19.

"Izin lima pergantian pemain tetap dipertahankan untuk meringankan beban pemain dan tim karena jadwal pertandingan internasional yang padat pada kalender 2020/2021 akibat pandemi COVID-19," demikian pernyataan resmi UEFA, seperti dikutip Goal, Kamis 24 September 2020.

Aturan lima pergantian pemain ini juga akan berlaku di turnamen yang digelar UEFA lainnya pada musim ini, yakni playoff kualifikasi Piala Eropa 2021, kualfikasi Piala Eropa Wanita, fase grup UEFA Nations League, dan Liga Champions Wanita.

Baca Juga: Presiden Napoli Minta FIFA dan UEFA Hentikan Laga Internasional

Selain itu, UEFA juga telah mencapai kesepakatan dengan Asosiasi Klub Eropa dan operator liga-liga di Eropa supaya memperpanjang masa pertandingan internasional pada Maret dan September 2021, yang memungkinkan setiap tim nasional menjalani tiga laga, bukan dua.

"Langkah ini dilakukan untuk memulihkan jadwal yang tertunda karena pembatalan pertandingan internasional Maret 2020 dan penundaan Piala Eropa 2020," jelas UEFA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya