Lewat Perpanjangan Waktu, Bayern Munich Rebut Piala Super Eropa 2020

Duel Piala Super Eropa 2020 antara Bayern Munich vs Sevilla
Sumber :
  • Twitter/@ChampionsLeague

VIVA – Juara Liga Champions musim lalu, Bayern Munich bertemu kampiun Liga Europa 2019/2020, Sevilla dalam pertandingan Piala Super Eropa 2020, di Puskas Arena, Jumat 25 September 2020 dini hari WIB. Pada laga tersebut, Bayern Munich berhasil menang 2-1 setelah melewati babak perpanjangan waktu.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Selepas kickoff, kedua tim langsung tampil dengan tempo cepat. Bayern Munich mengandalkan agresivitas yang mereka miliki. Sedangkan, Sevilla menerapkan umpan panjang untuk menyulitkan pergerakan pemain FC Hollywood.

Laga memasuki menit ke-12, Sevilla mendapatkan keuntungan setelah menunjuk titik putih akibat pelanggaran yang dilakukan David Alaba terhadap Lucas Ocampos. Eksekusi penalti yang diambil Ocampos sukses membawa Los Palanganas unggul 1-0.

Jose Mourinho Siap Kembali Ngelatih, Ini Klub Tujuannya

Tertinggal, Bayern Munich langsung tampil beringas. Menit ke-22, mereka memiliki peluang lewat tendangan Thomas Mueller. Sayangnya, sepakan Mueller masih diblok oleh bek Sevilla, Jules Kounde.

Usaha Bayern Munich untuk menyamakan kedudukan baru terwujud di menit ke-34. Adalah Leon Goretzka yang berhasil membobol gawang Sevilla setelah memanfaatkan umpan matan dari Robert Lewandowski.

Pemain Ini Bisa Jadi Kartu As Arsenal Dapatkan Musiala

Kedudukan 1-1 bertahan hingga babak pertama usai. Selepas turun minum, Bayern langsung menggebrak dengan menerapkan skemar menyerang total. Sedangkan, Sevilla lebih hati-hati membangun serangan karena tidak mau terlena dengan permainan terbuka yang diterapkan Die Bayern.

Pada menit ke-51, Lewandowski sebenarnya berhasil menceploskan bola ke gawang Sevilla. Namun gol tersebut dianulir wasit karena Lewandowski sudah berada dalam posisi offside setelah meninjau tayangan VAR.

Bayern Munich kembali mencetak gol pada menit ke-63. Akan tetapi, wasit menganulir gol dari Leroy Sane karena sebelumnya telah terjadi pelanggaran yang dilakukan Lewandowski.

Dalam sisa waktu di babak kedua, Bayern Munich dan Sevilla saling silih berganti melancarkan serangan. Namun, hingga 90 menit pertandingan berjalan, tidak ada gol yang tercipta lagi.

Hingga akhirnya, pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu setelah skor masih imbang 1-1. Di babak pertama perpanjangan waktu, kedua tim melakukan sejumlah pergantian pemain.

Bayern Munich memasukkan Alphonso Davies dan Javi Martinez untuk memperkuat lini tengah. Sementara itu, Sevilla menarik keluar Joan Jordan dan memasukkan Franco Vazquez demi menambagh daya gedor di lini depan.

Perubahan strategi Bayern Munich ternyata yang lebih manjur. Pada menit ke-104, pemain pengganti Javi Martinez berhasil mengubah skor menjadi 2-1 setelah memanfaatkan kemelut yang terjadi di dalam kotak penalti Sevilla.

Hingga babak pertama perpanjangan waktu berakhir, Bayern sukses mengungguli Sevilla. Di babak kedua perpanjangan waktu, Los Palanganas berupaya untuk mencari gol penyeimbang.

Akan tetapi, serangan yang dibangun Sevilla gagal berbuah hasil akibat kokohnya benteng pertahanan Bayern Munich. Sedangkan, Bayern Munich mulai menurunkan tempo di babak kedua perpanjangan waktu.

Hingga 120 menit pertandingan berjalan, tak ada lagi tambahan gol. Bayern Munich sukses memenangkan Piala Super 2020 setelah mengunci keunggulan 2-1 atas Sevilla.

Susunan pemain

Bayern Munich: Manuel Neuer; David Alaba (Jerome Boateng 113'), Niklas Suele, Lucas Hernandez (Javi Martinez 99'), Benjamin Pavard; Leon Goretzka (Alphonso Davies 99'), Joshua Kimmich; Thomas Mueller, Serge Gnabry, Leroy Sane (Corentin Tolisso 70'); Robert Lewandowski.

Sevilla: Yassine Bounou; Jesus Navas, Sergio Escudero, Diego Carlos, Jules Kounde; Ivan Rakitic (Oliver Torres 56'), Fernando, Joan Jordan (Franco Vazquez 94'); Lucas Ocampos, Suso (Nemanja Gudelj 73'), Luuk de Jong (Youssef En-Nesyri 56').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya