Tim Indonesia Siap Bersaing di Gothia Cup 2013

Coaching Clinic Oleh Bintang Sepakbola Dunia di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
- Sebanyak 12 Sekolah Sepak Bola (SSB) di seluruh Indonesia mendapat kesempatan memperebutkan satu tempat untuk ambil bagian di turnamen sepak bola usia dini, Gothia Cup 2013 di Swedia.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Sebelum bertolak ke Swedia, mereka akan mengikuti tahap penyaringan dalam ajang Grassroots Indonesia U-12, 1 sampai 6 Juni 2013 di Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Gothia Cup sudah berjalan sejak 1975. Turnamen ini diklaim sebagai salah satu ajang sepak bola tertua bagi pembinaan usia muda.
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot


Kejuaraan ini bakal diikuti oleh 1400 tim dari 60 negara diseluruh penjuru dunia. Menariknya, tidak ada hadiah uang maupun barang bagi tim pemenang turnamen ini. Ketua Panitia Grassroots Indonesia U-12, Bregas H Rohadi menjelaskan, itu menjadi cara tepat untuk membina pemain muda.


“Tim yang keluar sebagai juara tidak mendapatkan hadiah uang. Karena ini hanya sebuah pembinaan. Meski demikian, tetap diikuti  banyak peserta. Kami hanya memfasilitasi keberangkatan tim yang akan jadi wakil Indonesia ke Gothia Cup," ujar  Bregas H Rohadi di kantor PSSI, Kamis 30 Mei 2013.


Dia menjelaskan, peringkat pertama Grassroots Indonesia U-12, rencananya akan diberangkatkan pada 12 Juli dan kembali ke Indonesia pada 21 Juli. Panpel tidak akan memberikan hadiah berupa uang."Kami memberikan trofi kepada pemenang. Namun kebanggaan sendiri buat pemenang adalah terbang ke Swedia," ucap Bragas.


Tahun 2012 lalu, Indonesia diwakili SSB Banteng Muda asal Malang, Jawa Timur. Saat itu, Banteng Muda berhasil menapaki babak 16 besar. Sayang Banteng Muda tersingkir setelah takluk dari wakil Siprus--pada akhirnya keluar sebagai runner up Gothia Cup 2012.


Dia menambahkan, ada tiga pemain jebolan Banteng Muda yang kini menghuni skuad Timnas U-14 Indonesia

"Sekarang mereka tengah bertanding di Myanmar (Pra Piala Asia U-14). Ketiga pemain jebolan Gothia 2012 itu atas nama Egi Maulana, Muhammad Firoh, dan Muhammad Donanda,” tutup Bregas.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya