Presiden FIFA Tanggapi Kemenangan Kontroversial Barcelona

Presiden FIFA, Gianni Infantino.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Presiden Federasi Sepakbola Dunia (FIFA), Gianni Infantino, memuji kemenangan dramatis dan senasional Barcelona saat mengalahkan Paris Saint Germain di ajang Liga Champions, tengah pekan ini.

Chelsea Disanksi Pemerintah Inggris, ke Mana FIFA?

Barca melakukan comeback gemilang di babak 16 besar Liga Champions, Rabu kemarin. Kalah 0-4 di leg pertama, Barcelona menang 6-1 di leg kedua dan lolos ke perempatfinal. 

"Apa yang kita lihat adalah pertandingan yang luarbiasa. Ini menunjukkan bahwa sepakbola sungguh sebuah permainan yang fantastis," kata Infantino, seperti dilansir Marca, Jumat 10 Maret 2017.

Standar Ganda FIFA, Kapten Timnas Rusia: Mereka Lupa

Namun, kemenangan Barcelona ini penuh kontroversi. Salah satunya adalah penalti yang didapat Barcelona di penghujung laga saat dalam situasi 4-1 untuk Blaugrana.

Apa kata Infantino? "Apapun yang terjadi dalam sebuah laga, adil atau tidak adil, itu kita serahkan kepada keputusan yang sudah dibuat wasit pertandingan," kata dia menanggapi kontroversi yang terjadi.

Timnas Rusia Dihapus dari Game FIFA, Netizen: Israel Juga Dong!

Meski demikian, dia mendungkung terobosan baru dalam pertandingan sepakbola. Yaitu dengan penggunaan VAR (video pendamping wasit) yang akan membantu kinerja wasit.

Wasit nantinya bisa berkonsultasi dengan video official untuk empat situasi. Yaitu status gol, keputusan hukuman penalti, kartu merah dan kesalahan yang teridentifikasi.

"VAR akan ada di masa depan. Agar bisa menganulir keputusan wasit yang jelas-jelas salah. Sehingga di masa depan, ketika ada kesalahan yang nyata, bisa segera dikoreksi," katanya.

"Anda (wasit) mungkin merasa sudah melihat segalanya, tapi terkadang anda akan melihat sesuatu yang berbeda dari sudut pandang yang berbeda," lanjutnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya