Jelang SEA Games 2017, Timnas Malaysia Didera Masalah

Ilustrasi Timnas Malaysia sedang menjalani latihan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA.co.id – Tim nasional Malaysia sedang mendapatkan masalah jelang bergulirnya SEA Games 2017 Kuala Lumpur pada Agustus mendatang. Pelatih Ong Kim Swee dibuat pusing karena adanya benturan kepentingan dengan klub.

Mantan Pelatih Malaysia Dukung Shin Tae-yong Coret Saddil Ramdani dari Timnas Indonesia

Di waktu yang mepet menuju SEA Games 2017, Kim Swee tak bisa leluasa menggelar pemusatan latihan. Sebab, tidak sedikit klub yang enggan melepaskan pemain untuk bergabung Timnas Malaysia.

(Baca juga: Timnas Indonesia Tak Jadi Unggulan di SEA Games 2017)

Keputusan Besar Shin Tae-yong Jadi Sorotan Mantan Pemain Malaysia, FAM Kena Sentil

Dari 26 pemain yang sudah dipanggil, total ada delapan yang tidak mendapatkan izin dari klub. Lebih parahnya lagi, Kim Swee tak bisa berbuat banyak karena Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) juga menyerah.

"FAM tidak memiliki kekuatan untuk memaksa, karena regulasi FIFA hanya menyebut Timnas bisa memanggil pemain secara paksa untuk turnamen yang menjadi kalender FIFA," kata Sekretaris Jenderal FAM, Hamidin Mohd Amin, dikutip dari Fourth Official.

Terpopuler: Kontroversi Program Naturalisasi, Shin Tae-yong Ditawar Negara Lain

"Jadi kami hanya bisa meminta kepada klub-klub agar para pemain bisa dalam keadaan yang fit ketika kembali ke Timnas, sehingga pelatih Timnas bisa maksimal memainkan penggawa terbaiknya," imbuhnya.

(Baca juga: Kontroversi Undian Sepakbola SEA Games Sengaja Diembuskan?)

Sebelum mentas di SEA Games 2017, Timnas Malaysia akan terlebih dahulu bersaing di Grup H Kualifikasi Piala Asia pada 19 Juli 2017 nanti. Tim berjuluk Harimau Malaya ini akan berhadapan dengan Thailand, Indonesia, dan Mongolia.

Terkait dengan dua agenda yang sama-sama penting, Kim Swee memilih untuk menggelar pemusatan latihan pada 5 Juli 2017. Namun, sepertinya dia tidak akan mendapatkan skuat utuh, mengingat Liga Super Malaysia dan Piala Malaysia sedang berjalan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya