Maradona Beber 'Dosa-dosa' Wasit di Piala Dunia 

Legenda Timnas Argentina, Diego Maradona.
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVA.co.id – Legenda sepakbola dunia, Diego Maradona mendukung penuh penggunaan VAR (video pendukung wasit). Ini demi meminimalisir kesalahan wasit saat memimpin pertandingan.

Ada Pemuja Maradona, Ini 6 Agama Teraneh yang Ada di Dunia

Maradona pun membeberkan, ada banyak 'dosa-dosa' wasit di Piala Dunia yang mungkin tidak akan terjadi jika teknologi VAR sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Termasuk gol ilegal Maradona ke gawang Inggris saat Piala Dunia 1986. Kala itu, dia mencetak gol menggunakan tangan. Sehingga golnya dikenal sebagai 'Gol Tangan Tuhan'.

Chelsea Disanksi Pemerintah Inggris, ke Mana FIFA?

"Gol itu tidak akan disahkan jika VAR sudah ada. Ceritanya akan beda jika teknologi itu sudah diterapkan sejak dulu," kata Maradona dilansir FIFA.com, Rabu 26 Juli 2017.

"Saya akan memberi tahu hal lain: di Piala Dunia 1990, saya menggunakan tangan untuk mengontrol bola saat melawan Uni Soviet. Kami beruntung wasit tidak melihatnya," katanya.

Standar Ganda FIFA, Kapten Timnas Rusia: Mereka Lupa

Tidak hanya yang terkait tentang dirinya, Maradona juga mengungkapkan berbagai kelalaian-kelalaian wasit yang merugikan sejumlah pihak.

"Tidak hanya gol saya di tahun 1986 yang akan dianulir. Jangan lupakan, Inggris juara Piala Dunia 1966 karena gol yang disahkan meski bola tidak melewati garis," katanya.

"Ada banyak insiden dalam sejarah Piala Dunia yang mungkin akan berbeda jika sudah ada VAR. Inggris juga dirugikan di 2010 saat gol Frank Lampard dianulir wasit," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya