7 Fakta Menarik Piala Super Eropa

Para pemain Barcelona saat menjuarai Piala Super Eropa 2015.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Laga sarat gengsi akan tersaji tengah pekan ini. Real Madrid akan melawan Manchester United di Piala Super Eropa di Skopje, Makedonia, Rabu dinihari 9 Agustus 2017.

Juara Mah Bebas! Manchester City Pamerkan 5 Trofi Jelang Pergantian Tahun

Piala Super Eropa merupakan ajang bergengsi tahunan pembuka musim kompetisi yang mempertemukan juara Liga Champions dan jawara Liga Europa musim lalu.

Berikut ini berbagai data menarik Piala Super Eropa yang dirangkum oleh VIVA.co.id:

Hegemoni Manchester City Sepanjang 2023, 5 Gelar Bukan Cuma Dongeng Sejarah

Dari tahun 1972 hingga 1999, Piala Super Eropa mempertemukan juara Piala Champions menghadapi juara Piala Winner.

Mulai tahun 2000, format Piala Super Eropa diganti menjadi duel antara juara Liga Champions dengan juara Piala UEFA/Liga Europa. Karena Piala Winner dihapus.

Juara Piala Super Eropa, Manchester City Bidik Gelar Piala Dunia Antarklub

Ada 24 klub Eropa yang pernah menjuarai Piala Super Eropa. Barcelona dan AC Milan menjadi klub yang paling sering menang di ajang ini. Yaitu sebanyak lima kali.

AC Milan satu-satunya yang pernah menjuarai Piala Super Eropa dua musim berturut-turut. Itu terjadi pada musim 1989 dan 1990.

Empat kali kalah di ajang ini, Barcelona (1979, 1982, 1989 dan 2006) dan Sevilla (2007, 2014, 2015 dan 2016) menjadi klub yang paling sering kalah di ajang ini.

Pemain yang paling sering menjuarai ajang ini adalah legenda Italia, Paolo Maldini, dan bintang Brasil, Daniel Alves. Keduanya sama-sama sudah empat kali juara.

Pep Guardiola dan Carlo Ancelotti menjadi pelatih tersukses di ajang. Keduanya sudah tiga kali menjuarai ajang ini sepanjang karier kepelatihan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya