Serunya Perebutan Tiket Piala Dunia 2018 Zona Afrika

Pemain Mesir ketika rayakan gol Mohamed Salah
Sumber :
  • REUTERS/Amr Abdallah Dalsh

VIVA.co.id – Perebutan tiket Piala Dunia 2018 telah memasuki fase krusial. Sebanyak 8 tim dari berbagai zona benua sudah memastikan tiket ke Rusia.

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Eropa mengirimkan Rusia selaku tuan rumah, disusul Belgia. Amerika Selatan diwakili Brasil. Asia sudah mengirimkan empat wakil, yakni Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi. Sedangkan Meksiko menjadi wakil CONCACAF.

Yang menarik, hingga saat ini belum ada satu pun wakil Afrika yang memastikan diri lolos. Persaingan ketat terjadi di Grup A hingga Grup E zona Afrika. Hanya ada satu tim dari masing-masing grup yang berhak atas tiket Piala Dunia.

Raphael Varane Pensiun dari Timnas Prancis

Seperti dilansir Soccerway, Tunisia memimpin Grup A dengan 10 poin dari 4 pertandingan. Namun, posisi mereka belum aman karena diintai oleh Republik Demokratik Kongo (7 poin).

Di Grup B, Nigeria yang sudah mengumpulkan 10 poin menjadi tim yang paling berpeluang lolos. Zambia membuntuti dengan 7 poin.

Pamer Foto Ini di Instagram, Paul Pogba Banjir Hujatan dari Fans Juventus

Dua tim unggulan, Kamerun dan Aljazair secara mengejutkan sudah tersisih. Padahal, Kamerun berstatus sebagai juara Piala Afrika 2017. Sedangkan Aljazair diperkuat dua bintang Leicester City, Riyad Mahrez dan Islam Slimani.

Persaingan seru terjadi di Grup C. Pantai Gading memimpin persaingan dengan 7 poin. Namun, tiga tim lainnya yakni Maroko (6 poin), Gabon (5), dan Mali (2) juga masih memiliki peluang lolos.

Di Grup D, Burkina Faso dan Tanjung Verde memimpin persaingan, dengan sama-sama mengumpulkan 6 poin, disusul Senegal (5 poin) dan Afrika Selatan (1). Namun, masih ada satu laga yang harus diulang di grup ini, yakni duel Afrika Selatan vs Senegal.

Belakangan diketahui, wasit yang memimpin laga tersebut, Joseph Lamptey, merupakan pelaku utama dalam kasus pengaturan skor di Ghana. FIFA memutuskan duel ini harus diulang.

(Baca juga: Konyol, Wasit Terhukum Pimpin Laga Kualifikasi Piala Dunia)

Sementara itu, Mesir memimpin Grup E dengan 9 poin dari 4 laga. Namun, mereka masih ditempel ketat Uganda (7 poin) dan Ghana (5 poin).

Masih ada dua laga tersisa di masing-masing grup. Perebutan tiket Piala Dunia di zona Afrika masih akan berlangsung panas. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya