Robben: Masa Depan Cerah Menanti Belanda

Tidak Lolos Piala Dunia 2018, Arjen Robben Pensiun
Sumber :
  • REUTERS/Toussaint Kluiters

VIVA.co.id – Bintang timnas Belanda, Arjen Robben, tak bisa menyembunyikan kekecewaannya usai timnya gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Namun, dia yakin The Oranje masih memiliki masa depan yang cerah.

Raphael Varane Pensiun dari Timnas Prancis

Belanda gagal merebut tiket play off ke Piala Dunia 2018 meski menang 2-0 dari Swedia di laga pamungkas. Mereka kalah selisih gol dari Swedia.

Raihan negatif ini membuat Belanda mengulangi sejarah kelamnya yang terjadi 31 tahun lalu. Kala itu, The Oranje tak lolos ke Piala Dunia 1982. Berselang dua tahun, Belanda juga tak mentasdi Piala Eropa Prancis.

Pamer Foto Ini di Instagram, Paul Pogba Banjir Hujatan dari Fans Juventus

Ironisnya, pada 1986, Belanda kembali gagal melaju ke Piala Dunia di Meksiko. Dan kini hal itu kembali terulang setelah Belanda gagal tampil di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.

"Jika Anda berada di sekolah, anak-anak yang bermain sepakbola akan memberikan segalanya untuk menang. Tentu muncul kekecewaan ketika Anda gagal. Tak masalah untuk merasa sedih, tapi masa depan yang cerah akan datang," ujar Robben dikutip Soccerway.

Ketika Hujan 7 Gol Terjadi dalam Duel Timnas Argentina Vs Prancis di Piala Dunia

Kegagalan lolos ke Piala Dunia membuat Robben akhirnya memutuskan untuk pensiun dari timnas. Pemain berkepala pelontos itu mundur setelah 14 tahun membela negaranya di pentas sepakbola internasional.

Raphael Varane

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Raphael Varane memutuskan pensiun dari Timnas Prancis. Dia mengumumkan keputusan ini pada Kamis malam WIB 2 Februari 2023. Pensiun di usia 29 tahun sangat mengejutkan.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2023