Sering Sundul Bola, Eks Striker Top Inggris Kena Demensia?

Mantan striker timnas Inggris, Alan Shearer.
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA – Mantan kapten timnas Inggris, Alan Shearer, khawatir terkena demensia karena kebiasaan menyundul bola saat masih aktif bermain sepakbola.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Demensia merupakan kondisi di mana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran. Kondisi ini bisa ditandai dengan keadaan seseorang sering lupa akan sesuatu.

Eks pemain berusia 47 tahun itu mencetak rekor di Liga Inggris dengan membukukan 260 gol selama 18 tahun berkarier.

Mimpi Buruk Manchester United, Pemain Ini Cedera saat Perkuat Timnas Inggris

Dia juga mencetak total 30 gol dari 63 penampilan bersama timnas Inggris. Tapi, kini dia mulai mencemaskan kesehatannya. Khususnya terkait kemampuan otaknya. 

"Saya kini memiliki ingatan buruk. Saya tak tahu kenapa," kata Shearer seperti dilansir Dailymail, Rabu 8 November 2017. Shearer dikabarkan sedang menjalani tes di lab terkait masalah ini.

Bintang Manchester United Ini Jalani Debut Bersama Timnas Inggris

"Dalam setiap gol yang saya cetak dengan kepala, saya rata-rata melakukannya 1.000 kali saat latihan. Mungkin itu ada kaitannya dengan masalah yang saya alami," jelasnya.

Shearer berharap ada penelitian yang bisa memecahkan masalah ini. Penelitian bisa dilakukan terhadap para mantan pemain yang sudah didiagnosa terkena demensia. 

"Para pemain membayangkan saat pensiun hanya akan memiliki masalah di lutut atau engkel. Tapi, mereka tak ada yang berpikir bermain bola juga bisa berkaitan dengan kerusakan kemampuan otak," jelas Shearer.

"Itulah alasannya penelitian harus dilakukan terkait masalah ini," lanjut Shearer. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya