Kiamat Kedua untuk Timnas Italia

Kiper Italia, Gianluigi Buffon
Sumber :
  • REUTERS/Alessandro Garofalo

VIVA – Piala Dunia 2018 tak akan diramaikan Italia. Mereka gagal lolos ke putaran final yang digelar di Rusia usai kalah secara agregat dari Swedia dengan skor 0-1.

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Hasil tersebut menjadi noda hitam dalam sejarah sepakbola Italia. Ini adalah kali pertama Italia gagal lolos ke Piala Dunia sejak 60 tahun belakangan.

Sebenarnya, Italia sudah mengalami nasib serupa pada 1957 silam. Kiamat kecil pertama Italia datang saat mereka bersaing dengan Irlandia Utara dan Portugal di Grup 8, kualifikasi Piala Dunia 1958.

Raphael Varane Pensiun dari Timnas Prancis

Ketika itu, Italia hanya mampu finis di posisi kedua. Mereka mengumpulkan empat angka, hasil dua kali menang dan dua kali kalah.

Gli Azzurri pun harus menelan ludah dan rela menjadi penonton dalam Piala Dunia 1958 yang digelar di Swedia.

Pamer Foto Ini di Instagram, Paul Pogba Banjir Hujatan dari Fans Juventus

Pada dasarnya, Italia juga sempat tak tampil di Piala Dunia 1930. Namun, kasusnya berbeda saat itu, lantaran FIFA tak mengundang mereka untuk berpartisipasi di Piala Dunia edisi pertama.

Kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018 menyisakan duka mendalam bagi para pemainnya. Bomber Italia yang bermain untuk Southampton, Manolo Gabbiadini, mengaku malu dengan kegagalan ini.

"Saya tak tahu apa yang harus dikatakan. Sebuah hasil buruk yang tak mau dilihat oleh orang. Pelatih bilang, masih banyak hal yang tersisa di antara kami dalam ruang ganti," ujar Gabbiadini dilansir Rai Sport. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya