Anomali Piala Dunia 2018, Polandia di Atas Spanyol

Penyerang Timnas Polandia, Robert Lewandowski
Sumber :
  • REUTERS/Kacper Pempel

VIVA – Kejutan demi kejutan jelang Piala Dunia 2018 datang silih berganti. Setelah kejutan tersingkirnya Italia dan Belanda, muncul kejutan baru dalam penempatan pot pengundian grup.

Lengkap! Daftar 24 Tim Peserta dan Hasil Drawing EURO 2024

Tim kuat Spanyol tidak masuk dalam pot 1 yang berisi tim tuan rumah dan tim unggulan berdasarkan rangking FIFA. Di pot 1 justru muncul anomali dengan masuknya Poladia di sana.

Polandia berada di pot 1 bersama Rusia, Jerman, Brasil, Argentina, Belgia, dan Prancis.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Keberadaan Polandia dalam pot tim terbaik dunia itu mengundang sorotan sejumlah pihak. Media berpengaruh di Spanyol, Marca, Kamis 16 November 2017, menyebutnya sebagai anomali karena tim ini tidak pernah lolos dari fase grup di Piala Dunia selama 36 tahun terakhir.

Marca menyoroti bagaimana bisa FIFA memberikan rangking yang begitu bagus buat Polandia mengalahkan Spanyol yang berada di pot 2. 

Perebutkan 3 Tiket Sisa, Berikut Hasil Drawing Playoff EURO 2024

Dengan berada di pot 1, Polandia diuntungkan karena lebih besar peluangnya berada dalam satu grup dengan tim yang relatif lebih lemah.

Sementara Spanyol yang berada di pot 2 terancam bertemu dengan tim kuat di fase penyisihan grup seperti Brasil, Jerman, dan Argentina.

Pengundian grup akan dilakukan FIFA pada 1 Desember 2017 di Moskow. Gelaran Piala Dunia 2018 bergulir pada Juni 2018. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya