Ballon d'Or 2017, Ronaldo atau Messi?

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVA – Kamis malam, 7 Desember 2017, atau Jumat dini hari waktu Indonesia, akan menjadi momentum mendebarkan bagi para pesepakbola top dunia. Salah satu penghargaan bergengsi, Ballon 'd'Or, bakalan diiberikan kepada pemain yang dianggap memperlihatkan performa terbaik di sepanjang 2017.

Lionel Messi Butuh Bantuan 'Orang Dalam' untuk Tampil di Piala Dunia Antarklub 2025

Ada 30 nomine yang telah diumumkan sejak bulan lalu. Pada acara yang digelar di Paris nanti, nama-nama tersebut akan semakin mengerucut hingga akhirnya didapatkan satu nama.

Seperti sebelum-sebelumnya, dua sosok yang paling diunggulkan adalah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Lalu bagaimana peluang mereka masing-masing untuk meraih penghargaan yang digagas oleh France Football tersebut.

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

Ronaldo, ini akan menjadi kali kelima dia menggondol Ballon d'Or. Sebelumnya dia juga pernah menang pada 2008, 2013, 2014 dan 2016, seperti dikutip Soccerway.

Publik kebanyakan menjagokan Ronaldo, sebab tahun ini dia memang membuat pencapaian luar biasa bersama Real Madrid. CR7 membawa Madrid keluar sebagai juara La Liga serta membuat sejarah baru sabagai satu-satunya tim yang mampu meraih gelar Liga Champions dua kali beruntun.

Cristiano Ronaldo Ucapkan Selamat Idul Fitri Kepada Umat Islam di Dunia

Di musim baru, Ronaldo memang kurang berkilau di kancah domestik. Dia baru mencetak sebiji gol bagi Madrid. Tapi di level Eropa, kapten Timnas Portugal itu melesat sebagai pencetak angka terbanyak di fase grup, dengan9 gol.

Untuk Messi, sebelumnya dia sudah meraih lima Ballon d'Or, 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015. Dia merupakan pengumpul terbanyak hingga saat ini.

Bintang asal Argentina itu layak menjadi kadidat karena bermain bagus bersama Barcelona dan Timnas Argentina di 2017. Dia memberikan gelar Copa del Rey serta mengantarkan Albiceleste lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Memasuki musim kompetisi baru, penampilan Messi juga semakin berkembang. Dia menjadi motor Barcelona dalam memuncaki klasemen sementara LaLiga, sekaligus menampatkan namanya di puncak daftar top scorer sementara, dengan 13 gol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya