7 Bintang Sepakbola yang Gantung Sepatu di 2017

Fans As Roma menyampaikan salam perpisahan kepada Francesco Totti
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – 2017 segera berakhir. Beberapa kisah di dunia sepakbola telah terjadi di tahun ini, baik kisah sedih maupun bahagia. 

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

Tahun ini tak akan dilupakan oleh pencinta sepakbola. Sebab, beberapa bintang memutuskan pensiun pada 2017.

Para pemain yang gantung sepatu ini memiliki catatan karier yang cemerlang saat masih aktif bermain. Siapa sajakah mereka?

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Berikut 7 bintang yang pensiun di 2017, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Philipp Lahm
Lahm mengumumkan akan pensiun pada 7 Februari 2017. Eks kapten Bayern Munich ini memainkan laga terakhirnya pada 20 Mei 2017. Perpisahan yang manis, karena Bayern sukses menjuarai Bundesliga untuk kali kelima secara beruntun.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Kapten Bayern Munich, Philipp Lahm

Laga kontra Freiburg, menutup 13 tahun karier Lahm bersama armada The Bavarians. Bayern sukses memenangkan laga ini dengan skor 4-1.

Torehan gelar Lahm tergolong lengkap. Dia sukses membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014. Lahm juga sukses mempersembahkan sederet gelar untuk Bayern, dari mulai delapan Bundesliga, enam DFB-Pokal, serta masing-masing satu gelar Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub.
 

2. Francesco Totti
Duel AS Roma melawan Genoa, Minggu 28 Mei 2017, terasa emosional untuk Francesco Totti. Laga yang dimenangkan Roma dengan skor 3-2 ini menjadi laga terakhir Totti, yang memutuskan pensiun dari lapangan hijau.

(Baca juga: 25 Musim Berkarier, Ini Statistik Luar Biasa Totti)

Totti mengawali karier profesional bersama Roma pada 1992. Berbagai statistik luar biasa ditorehkan pria 41 tahun ini selama 25 musim.

Kapten AS Roma, Francesco Totti di laga perpisahan

Roma menjadi satu-satunya klub yang diperkuat Totti hingga pensiun. Dia sudah merasakan gelar Scudetto Serie A bersama Giallorossi. Sedangkan bersama Timnas Italia, Totti sukses menjuarai Piala Dunia 2006.

Selanjutnya... Pirlo hingga Kaka


3. Andrea Pirlo
Satu lagi maestro sepakbola dunia yang pensiun di tahun ini. Andrea Pirlo, sosok yang terkenal dengan tendangan bebas mematikan ini, pensiun pada 6 November 2017.

Pemain Italia, Andrea Pirlo

Kepastian pensiun disampaikan sehari setelah melakoni laga pamungkas bersama New York City FC di kancah MLS. Dalam 22 tahun kariernya di lapangan hijau Pirlo memperkuat enam klub, yakni  Brescia, Inter Milan, Reggina, AC Milan, Juventus, dan New York City FC.

(Baca juga: 7 Fakta Menarik Kehidupan dan Karier Gemilang Andrea Pirlo)

Pirlo meraih total 15 trofi di level klub: 6 Serie A, 2 Coppa Italia, 2 Piala Super Italia, 2 Liga Champions, 2 Piala Super Eropa, Piala Dunia Klub. Di level internasional, dia meraih dua trofi bergengsi bersama timnas Italia, yaitu Piala Eropa U-21 2000 dan Piala Dunia 2006.

4. Ricardo Kaka
Kaka memutuskan pensiun pada 17 Desember 2017. Pria asal Brasil ini membuat pengumuman melalui Twitter.

Sebelum pensiun, terakhir Kaka membela klub MLS, Orlando City. Kontraknya di sana sudah habis sejak bulan lalu dan dari awal dia memang sudah memastikan tidak akan memperpanjangnya buat musim depan.

Gelandang Orlando City, Ricardo Kaka

Sepanjang karier, banyak prestasi yang sudah ditorehkan mantan bintang AC Milan itu. Yang paling dikenang, Kaka sempat menyabet gelar Pemain Terbaik Dunia serta Ballon d'Or pada 2007 silam.

Bersama Milan, Kaka sempat mempersembahkan gelar Serie A, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub. Lalu, dia pernah membawa Madrid menjuarai LaLiga dan Copa del Rey.

Kaka juga sempat menjadi bagian penting Timnas Brasil. Dia membawa Brasil juara Piala Dunia 2002 dan Piala Konfederasi pada 2005 dan 2009.

5. Xabi Alonso
Xabi Alonso memutuskan gantung sepatu pada 9 Maret 2017. Dia melakoni laga terakhirnya bersama Bayern Munich pada 20 Mei 2017. Laga melawan Freiburg tersebut menjadi perpisahan untuk Xabi dan Philipp Lahm.

Gelandang Bayern Munich, Xabi Alonso

Sepanjang kariernya, Xabi membela berbagai klub, mulai Real Sociedad, Eibar, Liverpool, Real Madrid, dan Bayern Munich. Sederet gelar sudah dikantonginya, termasuk Liga Champions bersama Liverpool, dan Real Madrid.

Bersama Timnas Spanyol, gelar Xabi juga tergolong lengkap. Dia membawa La Furia Roja menjuarai Piala Dunia 2010 dan dua titel Piala Eropa pada 2008 dan 2012.

Selanjutnya... Xavi

6. Xavi Hernandez
Xavi Hernandez mengumumkan rencana pensiun pada 10 November 2017.  Pemain asal Spanyol tersebut mengaku sudah lelah jadi pemain, dan akan serius menjadi pelatih.

Mantan bintang Barcelona, Xavi Hernandez

Usai meninggalkan Barcelona pada 2015, Xavi memutuskan bermain di Qatar bersama Al Sadd. Pemain berusia 37 tahun itu dikontrak hingga musim panas tahun depan.

(Baca juga: Sudah Lelah Bermain, Xavi Pensiun Akhir Musim Ini)

Xavi merupakan pemain yang cukup besar ketika bermain bersama Barcelona. Dia sukses meraih delapan gelar LaLiga, tiga gelar Copa del Rey, empat gelar Liga Champions, dua titel Piala Eropa, dan satu trofi Piala Dunia bersama Timnas Spanyol.

7. Frank Lampard
Frank Lampard memutuskan pensiun sebagai pemain sepakbola profesional, Kamis 2 Februari 2017. Legenda Chelsea dan Timnas Inggris ini gantung sepatu di usia 38 tahun.

Mantan gelandang New York City FC, Frank Lampard.

Lampard mengaku bangga dengan torehannya selama menjadi pemain dengan memenangi banyak trofi bergengsi. Bermain untuk timnas lebih dari 100 kali, dan mencetak lebih 300 gol selama kariernya.

Pemain yang memulai karier profesionalnya bersama West Ham United pada 1996 ini, memang bersinar saat pindah ke Chelsea pada 2001. Bersama The Blues dia sukses meraih trofi Premier League (3), Piala FA (4), Piala Liga Inggris (2) dan satu Liga Champions.

Dia juga jadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub itu dengan 211 gol dari 648 penampilan. Maka itu, Chelsea menjadi tim yang paling dicintainya dan memiliki kenangan cukup indah. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya