Miroslave Klose, Top Scorer Piala Dunia Sepanjang Masa

Miroslav Klose
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVA – Piala Dunia 2018 bergulir pertengahan Juni 2018 mendatang. Sebanyak 32 negara peserta telah dibagi dalam 8 grup. Salah satu yang dijagokan tentu saja sang juara bertahan, Jerman.

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Miroslav Klose menjadi salah satu nama paling penting yang membawa Jerman juara dunia di Brasil pada 2014. Klose menceploskan gol ke-16 di turnamen paling bergengsi sejagat, yang sekaligus membuatnya sebagai top scorer Piala Dunia saat ini.

Klose pensiun pada 2016 setelah mencatatkan 137 penampilan internasional, 24 di antaranya di ajang Piala Dunia. Klose mencetak 71 gol untuk negaranya.

Raphael Varane Pensiun dari Timnas Prancis

Meski tak lagi menjadi pemain, Klose tetap memperkuat Timnas Jerman di ajang Piala Dunia Rusia. Pria 39 tahun itu akan menggunakan pengalamannya untuk meningkatkan ketajaman para striker Jerman karena dia kini menjadi pelatih khusus penyerang.

"Piala Dunia selalu sangat spesial dan tak gampang menggambarkannya, memegang sebuah rekor hingga akhir tentu sangat luar biasa," kata Klose seperti dilansir FIFA, Jumat, 12 Januari 2018.

Pamer Foto Ini di Instagram, Paul Pogba Banjir Hujatan dari Fans Juventus

"Itulah kenapa saya sangat bahagia menjadi juara dunia pada 2014, karena sebelumnya kami selalu nyaris juara. Kami sudah mencapai final pada 2002 dan dua berikutnya kalah di semifinal."

Jerman memang dikenal sebagai spesialis turnamen. Meskipun mereka tampak kurang menjanjikan di awal tapi selalu bisa melaju jauh di Piala Dunia.

Menurut Klose, timnya memang selalu dimanajemen sedemikian rupa agar kuat di setiap turnamen, dan itu merupakan tradisi yang dibangun panjang.

"Semangat dan dinamisasinya tidak muncul selama turnamen, itu kami mulai bersama sejak persiapan," kata Klose. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya