5 Klub Asia Tenggara dengan Jumlah Penonton Terbanyak

Ilustrasi suporter Persija Jakarta, Jakmania
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Pertandingan sepakbola memang senantiasa menyedot perhatian dari masyarakat di seluruh dunia. Tak terkecuali di wilayah Asia Tenggara, sepakbola juga jadi olahraga paling populer yang selalu jadi favorit banyak orang untuk disaksikan.

Soal banyaknya penonton yang turut hadir untuk menyaksikan klub kesayangannya berlaga, beberapa klub Asia Tenggara tak kalah dengan klub-klub Eropa.

Tercatat, ada beberapa klub yang punya jumlah rata-rata penonton terbanyak, yang ikut hadir di stadion dalam setiap pertandingannya.

Suphanburi FC (Thailand), Kelantan FC (Malaysia), Johor Darul Ta'zim (Malaysia), dan Buriram United (Thailand), adalah beberapa klub di Asia Tenggara yang punya rata-rata jumlah penonton paling banyak.

Sayangnya, perhitungan jumlah rata-rata penonton beberapa klub Asia Tenggara ini dilakukan pada 2015. Akibatnya, klub-klub Indonesia tidak masuk daftar tersebut, akibat sanksi FIFA yang diterima Indonesia sejak 30 Mei 2015.

Andai Indonesia tetap menggelar kompetisi kebanggaan, Indonesia Super League (ISL), bukan tak mungkin salah satu klub Indonesia seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, Arema Cronus, atau Surabaya United bisa menduduki urutan teratas dalam hal jumlah penonton terbanyak.

Berikut 5 klub Asia Tenggara dengan rata-rata jumlah penonton di stadion terbanyak:

5. Suphanburi FC (Thailand)

Bus Rombongan Persib Kecelakaan

Image result for suphanburi fc supporters

Bermarkas di Suphanburi Municipal, dengan kapasitas sekitar 20.000 penonton, Suphanburi FC jadi klub kelima dengan rata-rata jumlah penonton terbanyak. Peringkat 3 Thai Premier League musim ini, punya rata-rata 15.732 penonton di setiap pertandingannya.

4. Kelantan FA (Malaysia)

Kelantan

Red Warriors, itulah nama suporter fanatik klub elite Malaysia, Kelantan FA. Bermarkas di Sultan Muhammad IV Stadium dengan kapasitas 22.000 penonton, jawara Malaysian Super League 2011 dan 2012 ini juga punya jumlah penonton terbanyak. Rata-rata sekitar 15.875 orang turut hadir menyaksikan setiap pertandingan tim berjuluk The Golden Deers ini.



3. Johor Darul Ta'zim (Malaysia)

Pindah Kandang Dinilai Rugikan Persib

71414849726_950x600

Johor Darul Ta'zim adalah jawara Malaysian Super League dalam dua musim terakhir. Klub elite Malaysia ini punya stadion besar bernama Tan Sri Dato Haji Hasan Yunos Stadium, yang memiliki kapasitas 50.000 penonton. Tak aneh jika klub ini punya rata-rata penonton di setiap laga berjumlah 20.640 orang.


2. Nakhon Ratchasima FC (Thailand)



The Swat Cats, julukan klub elite Thailand, Nakhon Ratchasima FC. Mereka bermarkas di stadion dengan nama yang cukup unik, 80th Birthday Stadium, dengan kapasitas 28.141 penonton. Klub promosi Thai Premier League ini memiliki rata-rata jumlah penonton sebanyak 20.700 orang, di setiap pertandingannya.

Stadion Pakansari Jadi Opsi Utama Kandang Persib


1. Buriram United (Thailand)

Buriram United

Di urutan teratas rata-rata penonton terbanyak, ada nama raksasa Thailand, Buriram United. Buriram adalah tim yang menjadi juara Thai Premier League selama 3 musim beruntun, 2013, 2014 dan 2015.

Buriram punya stadion megah bernama New I-Mobile Stadium, dengan kapasitas 32.600 penonton. Tim berjuluk The Thunder Castiles ini dalam setiap pertandingannya memiliki rata-rata penonton 21.043 orang. (one)

Bus Persib alami kecelakaan di tol Bekasi-Cikampek

Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong

Beruntung, tak ada korban jiwa dari kecelakaan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016