Pemkot Surabaya Akan Urus Pemulangan Lima Jenazah Bonek

Ilustrasi jenazah.
Sumber :
  • REUTERS/Yuriko Nakao

VIVA.co.id – Pemkot Surabaya akan mengurusi pemulangan lima Bonek, julukan suporter Persebaya, yang tewas di Subang, Jawa Barat saat hendak melakukan aksi di Kongres PSSI, akhir pekan lalu. 

Kebelet Pipis, Kiper Ini Kencing di Atas Lapangan

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perlindungan Masyarakat (Bapemas), Irvan Widyanto mengungkapkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Polres Subang melalui Polrestabes Surabaya. 

Selain itu, koordinasi juga dilakukan Pemkot Surabaya dengan Polres Sidoarjo, dan Pemkab Sidoarjo. "Karena walaupun Bonek, tapi ternyata mereka bukan warga Surabaya, melainkan warga Sidoarjo," kara Irvan.

Lionel Messi Beli Rumah, Alasannya Bikin Bengong

Selain itu, Pemkot Surabaya juga akan melakukan koordinasi untuk memulangkan rombongan Bonek lainnya. Sebab, menurutnya saat ini masih ada sebagian rombongan Bonek yang berada di Bandung.

"Supaya mereka ini bisa selamat sampai tujuan, atau di Surabaya," ujar Irvan.

Bruno Fernandes Tuai Hujatan karena Aktingnya yang Gagal

Irvan melanjutkan, kelima Bonek itu tewas karena mengonsumsi minuman oplosan alkohol dengan kadar 70 persen. Minuman itu selanjutnya dicampur dengan softdrink, dan air kelapa muda.

Kronologinya, menurut Irvan, ada rombongan Bonek yang berangkat dari Surabaya menuju Bandung melalui jalur Pantura, Rabu 4 Januari 2017.

Saat tiba di Kecamatan Pusakanegara, Kabupaten Subang, rombongan tersebut diterima oleh perwakilan Viking ,sebutan suporter Persib, Jumat 6 Januari 2017. Pada malam harinya, bersama Singgih anggota Viking, beberapa bonek mengonsumsi minuman oplosan.

“Saat melakukan perjalanan menuju Bandung, di tengah perjalanan, Brian Adam salah satu bonek yang mengkonsumsi minuman tadi mengalami overdosis dan langsung meninggal dunia,” kata Irvan.

Selanjutnya, rombongan memutuskan menuju Puskesmas Pegaden untuk memeriksakan anggota rombongan lainnya. "Sekitar pukul 16.45 WIB, beberapa bonek lainnya meninggal dunia dan sisanya mendapatkan penanganan medis,” ujar Irvan.

Ketiganya meninggal dunia setelah overdosis, diduga akibat miras oplosan alkohol 70 persen yang dicampur minuman soda dan air kelapa. Tiga anggota Bonek itu adalah, Brian Adam Firdaus (17), Rudi (23) dan Hasrul Al Foka (22).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya