Tendangan Bebas Colongan Madrid, Sah atau Tidak?

Bek Real Madrid, Nacho Fernandez, merayakan golnya ke gawang Sevilla.
Sumber :
  • Reuters/Paul Hanna

VIVA.co.id – Tendangan bebas colongan yang dilakukan oleh bek Real Madrid, Nacho Fernandez, sedang menjadi bahasan hangat. Publik berdebat apakah gol Nacho ini sah atau tidak.

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Ya, di laga melawan Sevilla, Minggu, 14 Mei 2017 atau Senin dini hari WIB, Madrid mendapatkan tendangan bebas saat pertandingan baru berlangsung 10 menit.

Wasit Undiano Mallenco kemudian menginstruksikan Nacho untuk menempatkan bola di tanda terjadinya pelanggaran. Secara tiba-tiba, Nacho melepaskan tendangan.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Bola meluncur sempurna ke gawang Sevilla. Mallenco mensahkan gol Nacho.

Para pemain Sevilla kemudian protes. Mereka menganggap gol itu tak sah karena sedang sibuk membentuk pagar betis.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Tapi, dilansir Marca, sebenarnya tak ada yang aneh dengan gol tersebut. Mallenco benar telah mensahkan gol Nacho.

"Bola tak bergerak ketika Nacho menembak. Aksi Nacho itu legal, keputusan Undiano juga benar," kata mantan wasit LaLiga, Adunjar Oliver.

Dari peraturan sepakan bebas yang ditetapkan International Football Association Board (IFAB), sebuah lembaga yang menentukan laws of the game FIFA, menyatakan ada dua jenis sepakan bebas.

Pertama, adalah sepakan bebas cepat. Di situasi ini, wasit akan bertanya dahulu kepada pemain, apakah dia mau melepaskan sepakan bebas cepat atau tidak. Jika ya, maka wasit tak akan mengatur pagar betis.

Tapi, andai pemain ingin melakukan sepakan bebas seremonial, wasit harus membentuk pagar betis yang berjarak 9,15 meter dari bola. Tendangan juga dilakukan saat wasit meniup peluit. Jadi, dalam kasus ini, Nacho pastinya sudah menyatakan akan melakukan sepakan bebas cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya