Deretan Gol Sepakan Bebas 'Colongan', Ada Persib Bandung

Para pemain Persib Bandung merayakan gol.
Sumber :
  • ligaindonesiabaru.com

VIVA.co.id – Gol bek Real Madrid, Nacho Fernandez, sedang menjadi perbincangan. Bukan karena skemanya yang luar biasa, melainkan cara Nacho cetak gol dianggap curang.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Nacho mencetak gol lewat sepakan bebas cepat, yaitu ketika pemain Sevilla sedang membangun pagar betis. Gol Nacho disahkan wasit Undiano Mallenco dan diprotes oleh para pemain Sevilla.

Tapi, Mallenco tak menanggapi protes pemain Sevilla. Sebab, secara aturan, tak ada yang salah dengan cara Nacho mencetak gol karena sudah sesuai dengan laws of the game FIFA.

Prediksi Semifinal Piala FA: Manchester City vs Chelsea

Bukan cuma Nacho yang melakukan sepakan bebas cepat dan berujung gol. Sudah ada beberapa pemain yang melakukannya.

Di Indonesia, juga sudah terjadi kejadian serupa. Kapten Persib Bandung, Atep Rizal, adalah pelakunya.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Berikut deretan gol sepakan bebas cepat yang dikumpulkan VIVA.co.id:

Selanjutnya...

1. Thierry Henry, Arsenal versus Chelsea, 12 Desember 2004

Pemain sekelas Thierry Henry juga pernah melakukan sepakan bebas cepat. Tindakan itu dilakukan Henry kala Arsenal menjamu Chelsea di Highbury Stadium.

Wasit Graham Poll memberikan Arsenal sepakan bebas di depan kotak penalti Chelsea lantaran terjadi sebuah pelanggaran. Lalu, Poll menanyakan Henry apakah mau mengambil sepakan bebas cepat atau tidak.

Henry pun menerimanya. Striker Chelsea saat itu, Eidur Gudjohnsen, mendengar pembicaraan tersebut dan meminta rekan-rekannya bersiap. Tapi, Gudjohnsen justru mundur dan Henry melepaskan tendangan yang tak mampu dijangkau Petr Cech.

Usai laga, manajer MU ketika itu, Jose Mourinho, mengeluhkan sikap Poll yang mensahkan gol tersebut.

"Kami selalu tanyakan ke pemain mau ambil sepakan bebas cepat atau tidak," kata Poll dalam pembelaannya seperti dilansir Guardian.

2. Ryan Giggs, Lille versus Manchester United, 21 Februari 2007

Manchester United sempat melakukan hal serupa. Tak tanggung-tanggung, MU melakukannya di kandang lawannya, Lille, dalam pertandingan Liga Champions.

Gol Giggs bermula saat terjadi tendangan bebas di depan kotak penalti Lille. Wayne Rooney dan Ryan Giggs mengambil posisi di belakang bola, pertanda ingin menjadi eksekutor.

Saat pemain Lille sibuk membangun pagar, Giggs bergerak menendang bola. Selanjutnya, gol tercipta dan wasit Eric Bhaamhar mensahkannya.

Para pemain Lille protes. Bahkan, mereka sempat menunjukkan reaksi yang tak sopan.

Selanjutnya... Persib Pernah Melakukannya

3. Atep Rizal, Persib Bandung versus New Radiant, 25 Februari 2015

Klub Indonesia, Persib Bandung, juga pernah mencetak gol lewat skema sepakan bebas cepat. Tapi, skemanya berbeda.

Sepakan bebas cepat yang dilakukan Supardi diberikan kepada Muhammad Ridwan terlebih dulu.

Pemain New Radiant yang sibuk membangun pagar panik. Ridwan pun melepaskan umpan mendatar kepada Atep. Dengan mudahnya, Atep menceploskan bola ke gawang New Radiant.

4. David Luiz, Liverpool versus Chelsea, 31 Januari 2017

Awal 2017, publik sepakbola Inggris juga dikejutkan dengan sepakan bebas cepat David Luiz. Bukan protes yang dituai Luiz, melainkan pujian.

Sebab, di sini Luiz sudah berada dalam posisi yang benar. Pagar betis Liverpool sudah jadi.

Hanya saja, posisinya belum sempurna. Simon Mignolet sibuk berteriak ke arah rekan-rekannya agar memperbaiki posisi mereka.

Saat Mignolet sibuk, Luiz melepaskan sepakan bebas ke tiang jauh. Mignolet pun hanya diam ketika melihat gawangnya dijebol. Tak ada protes dari pemain Liverpool, mereka sadar telah berbuat kesalahan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya