9 Fakta Menarik Keberhasilan MU Juarai Liga Europa

Manchester United juara Liga Europa 2016-17
Sumber :
  • Reuters / Andrew Couldridge

VIVA.co.id – Manchester United kembali menancapkan namanya sebagai salah satu klub tersukses di kompetisi Eropa. Setan Merah sukses menjadi juara Liga Europa setelah mengandaskan Ajax Amsterdam di partai final dengan skor 2-0, dini hari tadi.

Drawing Perempat Final Liga Europa: Liverpool Vs Atalanta dan Duel Wakil Serie A

Dua gol MU dicetak oleh dua pemain bintangnya, yakni Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan. Keduanya tampil sejak awal pertandingan.

Hasil ini tentu memberikan kebanggaan tersendiri bagi seluruh penggawa MU. Bagaimana tidak, selain mencatatkan rekor sebagai salah satu tim yang mampu menyapu bersih semua gelar di kompetisi Eropa, armada Jose Mourinho juga berhak melaju ke fase grup Liga Champions musim depan.

AC Milan Menjanjikan, Rafael Leao Naik Standar

Catatan tersendiri juga dimiliki oleh Mourinho. Dia menjadi manajer pertama yang mampu menjuarai Liga Champions dan Liga Europa lebih dari satu kali.

Masih ada beberapa fakta menarik lainnya usai keberhasilan MU menjuarai kompetisi kasta kedua di Eropa. Berikut fakta-fakta menarik yang sudah dirangkum, seperti dikutip Opta:

Liverpool Pesta Gol saat Mohamed Salah Kembali

1. Ajax berhasil mencatatkan rekor dengan menjadi tim yang menurunkan susunan pemain termuda di final kompetisi Eropa.

2. Bek Ajax, Matthijs de Ligt, menjadi pemain termuda yang bermain di final kompetisi Eropa dengan usia 17 tahun 285 hari.

3. Penyerang MU, Marcus Rashford, menjadi pemain Inggris termuda yang menjadi starter di final kompetisi Eropa dengan usia 19 tahun 205 hari. Sejauh ini, baru Rashford yang bisa mengikuti jejak Gary Mills bersama Nottingham Forest pada 1980. 

4. Bersama dengan kemenangan ini, MU sukses tak terkalahkan di 10 laga terakhir di Liga Europa dengan rincian tujuh kemenangan dan tiga hasil imbang. Selain itu, Setan Merah juga hanya kebobolan empat gol.

5. Gol Paul Pogba di babak pertama berhasil membuatnya mencetak gol di dua laga beruntun setelah melalui 19 laga tanpa mencatatkan nama di papan skor.

6. Henrikh Mkhitaryan kembali mencetak gol di Liga Europa. Itu berarti lima dari enam gol terakhirnya untuk Setan Merah tercipta di Liga Europa.

7. Juara Liga Europa membuat MU menjadi salah satu klub yang berhasil menyapu bersih semua gelar di kompetisi Eropa.

8. Tambahan gelar Liga Europa juga memberikan catatan tersendiri untuk Jose Mourinho. Pria asal Portugal itu menjadi manajer pertama yang mampu menjuarai Liga Champions dan Liga Europa lebih dari satu kali.

9. Marouane Fellaini mampu menunjukkan kelasnya di partai final Liga Europa. Bermain sejak awal, pemain berpaspor Belgia itu mampu memenangkan 15 duel area. Itu menjadi rekor tertinggi yang pernah tercipta dalam satu pertandingan Liga Europa. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya