Deretan Mega Bintang Terjerat Kasus Pajak Seperti Ronaldo

Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan).
Sumber :
  • Reuters/Sergio Perez

VIVA.co.id – Cristiano Ronaldo memanaskan bursa transfer, setelah berniat hengkang dari Real Madrid. Penuh amarah, pemain kunci Timnas Portugas itu menyatakan ingin pergi dari Real Madrid secepatnya.
 
Mega bintang bernomor punggung 7 itu ingin pergi, lantaran dijerat oleh otoritas Spanyol, dengan kasus dugaan penggelapan pajak. CR7 dituding mengemplang pajak hingga €14,7 juta, atau setara Rp217,9 miliar.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Kejaksaan Tinggi Madrid mengendus Ronaldo memiliki struktur bisnis ilegal sejak 2010, demi meraup keuntungan dari hak cipta dirinya.

Kasus tersebut, memang marak terjadi di Negeri Matador, dan pesepakbola menjadi salah satu sasaran empuk.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Berikut ini, deretan mega bintang yang tersangkut kasus seperti yang dialami Ronaldo:

1. Lionel Messi

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

Striker Barcelona, Lionel Messi.

Mega bintang Barcelona ini divonis bersalah atas kasus dugaan penggelapan pajak. Messi bersama ayahnya diduga terlibat penggelapan pajak yang dilakukan sejak 2007-2009, dengan nilai €4,1 juta, atau Rp60 miliar.

Bila kasus Ronaldo baru berjalan, Messi sudah sampai vonis. Pengailan Spanyol memutuskannya bersalah dan menghukum 21 bulan penjara, serta denda €2 juta (Rp30 miliar) dan ayahnya divonis 21 bulan penjara, serta denda €1,5 juta (Rp22 miliar).

Messi tentu saja mengajukan banding. Dan, berdasarkan hukum Spanyol, Messi bisa lolos dari hukuman penjara karena vonisnya di bawah dua tahun.

2. Neymar da Silva Junior 

Striker Barcelona, Neymar, merayakan gol.

Dilansir Forbes, Neymar terjerat kasus dugaan penggelapan pajak pada 2015. Pengadilan Spanyol menyatakan, Neymar beserta ayahnya sama sekali tak bersalah atas tuntutan yang diajukan oleh perusahaan investasi Brasil, DIS Esporte.

3. Xabi Alonso

Gelandang Bayern Munich, Xabi Alonso

Pada 2014, pemain yang musim lalu membela Bayern Munich ini juga dijerat kasus dugaan penggelapan pajak. Otoritas Spanyol menginvestigasi dugaan menyembunyikan penghasilan dari hak cipta dirinya. 

Ketika kasus pajak ini bergulir, Alonso berkostum Real Madrid. Tak lama setelah itu, dia cabut ke Jerman bergabung raksasa bundesliga Bayern Munich. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya