Jalan Panjang Dendam Chelsea dan Barcelona

Megabintang Barcelona, Lionel Messi (tengah)
Sumber :
  • REUTERS/David Klein

VIVA – Berbagi angka. Hasil yang harus puas diterima Chelsea dan Barcelona, dua raksasa Eropa yang saling menyimpan dendam satu sama lain. Skor imbang 1-1 jadi hasil laga leg 1 babak 16 besar Liga Champions 2017/2018 di Stamford Bridge, Rabu 21 Februari 2018 dini hari WIB.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Bukan duel Chelsea kontra Barcelona namanya kalau tidak panas. Ya, kedua tim memang kerap saling jegal di ajang Liga Champions. Persaingan armada London Barat dan raksasa Catalan juga sudah terjadi dalam kurun waktu lebih dari satu dasawarsa.

Champions League Round of 16 First Leg - Chelsea vs FC Barcelona

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Duel di Stamford Bridge juga berjalan sengit. Chelsea yang tak terlalu diunggulkan, justru mampu membobol gawang The Catalans lebih dulu. Adalah aksi winger Brasil, Willian Borges, yang dikawal Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona yang jadi salah satu favorit juara Liga Champions musim ini tak tinggal diam. Sang bintang, Lionel Messi, akhirnya mampu menyelamatkan Barcelona dari kekalahan lewat golnya. 

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Champions League Round of 16 First Leg - Chelsea vs FC Barcelona

Gol tunggal Messi memaksa Chelsea mengubur mimpi kembali mempecundangi Barcelona setelah terakhir kali di Liga Champions musim 2011/2012. Saat itu, Chelsea berhasil menang agregat 3-2 atas Barcelona, dan mampu mencapai gelar juara Liga Champions untuk pertama kali sepanjang sejarah.

Blunder Bikin Sebel

Kegagalan Chelsea memetik kemenangan tak lain lantaran blunder bek muda asal Denmark, Andreas Christensen. Kesalahan defender 21 tahun ini kemudian mampu dimanfaatkan Messi untuk menggagalkan misi Chelsea menang dalam laga ini.

Manajer Chelsea, Antonio Conte, memang tak menunjukkan kekesalannya kepada Christensen. Namun dalam pernyataannya Conte menyiratkan kekecewaan. Conte tahu jika pasukannya tak boleh sedikitpun melakukan kesalahan saat menghadapi pemain-pemain bintang Barcelona.

Champions League Round of 16 First Leg - Chelsea vs FC Barcelona

Meski demikian, Conte tetap menyanjung pasukannya yang dinilai eks pelatih Juventus dan Timnas Italia sudah menjalankan instruksinya dengan sempurna.

"Kami sudah sangat dekat dengan permainan sempurna. Satu kesalahan dan kami tahu betul ketika Anda membuat kesalahan melawan Barcelona, pemain-pemain seperti Messi, (Luis) Suarez, dan Iniesta, Anda harus membayarnya," ujar Conte pada BT Sport.

"Ini sangat disayangkan. Saya sangat bangga dengan para pemain saya. Mereka menjalankan apa yang sudah kami persiapkan. Ini amat disayangkan. Malam ini kami agak kurang beruntung," lanjutnya. 

Barcelona Belum Tentu Lolos

Meski mendapat keuntungan dengan satu gol tandang, Barcelona tetap harus menentukan langkah dalam laga leg 2. Ya, Barcelona belum lolos ke perempat final. 

Bukan perkara mudah memang bagi Chelsea menundukkan armada Los Azulgranas di markasnya yang angker. 

Tentu masih bisa diingat, saat Barcelona membantai Paris Saint-Germain (PSG) 6-1 di Camp Nou,  dalam laga leg 2 babak 16 besar Liga Champions 2016/2017.  Barcelona mampu membalikkan keadaan setelah dalam laga leg 1 kalah telak 0-4 dari PSG.

Champions League Round of 16 First Leg - Chelsea vs FC Barcelona

Kemenangan dramatis atas PSG nampaknya tak terlalu mempengaruhi pemikiran Ernesto Valverde. Pelatih Barcelona ini merasa senang dengan hasil imbang yang dipetik pasukannya di London. Tak sesumbar, meski punya keuntungan gol tandang Valverde tak sesumbar.

Menurutnya, satu gol tandang ke gawang Thibaut Courtois di Stamford Bridge belum menentukan lolosnya Barcelona ke babak perempat final.

"Saya menganggap laga ini sangat positif karena kedua tim dengan karakter bermain berbeda bisa saling berhadapan," ujar Valverde dilansir Marca.

"Saya senang karena Barcelona terus mendobrak pertahanan Chelsea dan hanya membuat satu kesalahan. Hasil kali ini sangat penting, tetapi belum menentukan kelolosan kami ke fase berikutnya," ujarnya.

Selanjutnya saling jegal antara Barcelona dan Chelsea akan berlanjut di Camp Nou. Barcelona akan menjamu Chelsea di markasnya dalam laga leg 2 babak 16 besar Liga Champions 2017/2018, 14 Maret 2018 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya