PSM di Puncak, Persib Belum Terkalahkan

Para pemain PSM Makssar.
Sumber :
  • Twitter/@PSM_Makassar

VIVA.co.id – PSM Makassar meraih kekalahan pertama di Liga 1 musim ini. Skuat asuhan Robert Alberts tumbang 1-2 dari PS TNI di Stadion Pakansari, Senin malam 15 Mei 2017.

Bungkam Persik Jadi Momentum Kebangkitan Persib Bandung

Dua gol kemenangan tuan rumah dibukukan oleh Elio Martins di menit 33 dan Leonel Nunez di menit 55. Sementara gol tunggal PSM dicetak Reinaldo Costa di menit 76.

Ini menjadi kekalahan perdana PSM di Liga 1. Meski tetap menguasai puncak klasemen sementara Liga 1, namun kekalahan ini membuat persaingan di papan atas klasemen kian panas.

Arema FC Kenalkan 'Jubah Perang' Baru

PSM masih memuncaki klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 13 poin dari enam laga. PSM hanya unggul satu poin dari Persib Bandung dan PS TNI yang menguntit di posisi dua dan tiga.

Persib dan PS TNI menjadi dua tim yang belum terkalahkan sejauh ini. Meski lini depan Persib kurang tajam, namun kekurangan itu bisa ditutupi lini belakang mereka yang solid.

PSS Sleman Tunjuk Gustavo Lopez Sebagai Manajer

Hingga pekan keenam, Persib baru mencetak enam gol. Sementara mereka baru kebobolan dua gol. Bersama Arema, ini jumlah kebobolan paling sedikit dari 16 tim Liga 1 lainnya.

"Memang bentuk permainan kita masih belum (ideal), kita masih terus ingin memperbaiki penampilan kami," terang pelatih Persib Djadjang Nurdjaman, Minggu 14  Mei 2017.

Pelatih berusia 59 tahun ini melanjutkan, faktor kurang tajamnya lini depan lantaran tidak adanya pemain dengan kualitas mumpuni. Sebelumnya, Persib mengandalkan Sergio Van Dijk, tetapi masih dalam pemulihan akibat cedera.

"Yang pasti kita tidak ada striker yang mumpuni. Carlton Cole masih seperti itu (fisiknya), Sergio juga masih belum sembuh," terangnya.

Namun, dari enam pekan yang dilakoni, Djadjang masih bersyukur karena timnya menorehkan rekor bagus, yakni belum menelan kekalahan di Liga 1.

"Patut disyukuri saja dapat poin, karena saat ini walaupun kita berusaha meraih kemenangan di sana (Padang) tapi hasilnya seperti itu (imbang) kita syukuri saja," kata Djadjang.

Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman (kedua dari kiri)

Sedangkan PS TNI memiliki tren berbeda. Performa buruk di lini belakang skuat asuhan Ivan Kolev tersebut justru mampu ditutupi lini depan mereka yang tampil cukup tajam.

Hingga pekan keenam, PS TNI sudah kebobolan tujuh gol. Jumlah kebobolan mereka bahkan lebih banyak dari Persija Jakarta yang masih terpuruk di peringkat 15.

Meski demikian, lini depan PS TNI sejauh ini menjadi salah satu yang tertajam. Bersama Mitra Kukar, PS TNI sudah mencetak gol terbanyak saat ini. Yaitu 10 gol. 

Bagaimana dengan Arema? Gagal menang di dua laga terakhir, membuat Arema terjungkal ke posisi empat klasemen sementara. Padahal mereka sempat tampil impresif di awal musim.

Setelah ditaklukkan PSM dengan skor tipis 0-1, Arema ditahan imbang Bali United 1-1. Lini depan Arema pun menjadi sorotan. Namun sang pelatih, Aji Santoso menepisnya.

Aji menyangkal lini depan Arema mengalami kebuntuhan, meski hingga memasuki pekan ke-6 baru mencetak 5 gol. Ia menyebut jika lini belakang MU justru tampil begitu disiplin.

"Kebuntuhan di depan saya anggap normal biasa dalam sepak bola. Apalagi lini belakang Madura begitu disiplin, tidak mau keluar dari posisinya," papar Aji usai melawan Bali United.

Rangkuman Fakta Menarik Liga 1 Hingga Pekan Keenam

Duel Barito Putera vs PS TNI

Setelah kompetisi Liga 1 memasuki pekan keenam, sejumlah fakta menarik pun tercipta. Dari status tidak terkalahkan, jumlah gol terbanyak hingga fakta menarik lainnya.

Berikut ini berbagai fakta menarik Liga 1 hingga pekan keenam yang dirangkum VIVA.co.id:

1. Persib dan PS TNI menjadi dua tim yang belum terkalahkan sejauh ini. Kedua tim sejauh ini membukukan tiga kemenangan dan tiga hasil imbang.

2. Penghuni dasar klasemen (posisi 18), Persiba Balikpapan menjadi satu-satunya tim yang belum pernah merasakan kemenangan di enam laga pertama (5 kalah, 1 imbang).

3. PS TNI dan Mitra Kukar menjadi tim yang paling agresif. Mereka sama-sama sudah mencetak 10 gol. Disusul PSM Makassar dan Bhayangkara FC  dengan torehan sembilan gol.

4. Tim yang paling banyak kebobolan adalah Gresik United yang berada di posisi 17. Gresik United sudah kebobolan 11 gol. Disusul Bhayangkara FC dan Persiba Balikpapan (10 gol).

5. Sedangkan tim dengan pertahanan tersolid ditunjukkan Persib dan Arema FC yang baru kebobolan dua gol dari enam laga yang sudah mereka lakoni saat ini.

6. Aksi comeback gemilang ditunjukkan Mitra Kukar. Setelah kalah di laga perdana, Skuat asuhan Jafri Sastra itu tidak terkalahkan di lima laga berikutnya (2 menang, 3 imbang).

Para pemain Persija saat memprotes keputusan wasit.

7. Sedangkan nasib sial dialami Persija. Sejak menang di laga perdana, Persija tidak pernah menang lagi (2 imbang, 3 kalah). Hasil yang membuat mereka terpuruk di posisi 15.

8. Bali United dan Bhayangkara FC menjadi tim yang belum pernah merasakan hasil imbang. Keduanya sama-sama meraih tiga kemenangan dan tiga kekalahan.

9. Ada empat pemain yang bersaing dalam daftar teratas pencetak gol terbanyak. Yaitu Reinaldo Costa, Hilton Moreira, Peter Odemwingie dan Boaz Solossa dengan 4 gol.

10. Sementara pemain dengan jumlah assist terbanyak, sejauh ini dipegang bintang Madura United, Slamet Nurcahyono dengan 4 assist. Disusul pemain Bali United, Irfan Bachdim (3).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya