'Perang Saudara' Tentukan Nasib Timnas Indonesia U-22

Skuat Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Timnas Indonesia U-22 wajib memetik poin penuh guna menjaga peluang melaju ke babak semifinal SEA Games 2017, dalam laga kontra Timor Leste. Kemenangan jadi harga mati bagi skuat besutan Luis Milla Aspas, meski harus bentrok dengan negara "mantan saudara."

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Hasil imbang 1-1 kontra Thailand U-22, dan kemenangan 3-0 dalam laga melawan Filipina U-22, menempatkan Tim Garuda Muda di posisi kedua klasemen dengan poin 4. Catatan poin Timnas U-22 sama dengan yang diraih Thailand. 

Poin yang dimiliki Timnas U-22 dan Thailand U-22, hanya terpaut 2 poin dari Vietnam U-22 yang bercokol di puncak klasemen. Oleh sebab itu, kemenangan jadi harga mati untuk Evan Dimas cs untuk menjaga peluang lolos ke semifinal SEA Games 2017.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Bukan tak mungkin, Timnas U-22 bisa memuncaki klasemen andai mampu mengalahkan Timor Leste. Dengan catatabm Thailand bermain imbang atau kalah dari Kamboja, dan Vietnam kalah dari Filipina.

Melihat kondisi ini, persaingan Grup B cabang olahraga SEA Games 2017 memang sangat panas. Oleh sebab itu, tak ada alasan bagi Timnas U-22 tidak memetik poin sempurna dalam laga nanti.

Gelar Rakernas, PB Akuatik Indonesia Susun Rencana Mulai PON 2024 Menuju Prestasi Dunia

Perang Saudara

Duel kontra Timor Leste memang penuh gengsi dan dibumbui dengan sejarah kedua negara. Pasca Timor Leste merdeka dari Indonesia tahun 2002, dimulailah persaingan dua saudara. Memang, secara kualitas Indonesia jauh berada di atas Timor Leste. Hanya saja, semangat dan militansi  pasukan Fabio Magrao patut diwaspadai.

Sebab, dalam 3 pertemuan terakhir kontra Timor Leste, Timnas U-22 (23) hanya mampu sekali memetik kemenangan. Kemenagan Timnas U-22 atas Timor Leste dicatat di ajang Asian Games 2014. Kala itu, Timnas U-22 mampu membantai Timor Leste 7-0. Kemudian dalam 2 laga lainnya, Timnas U-22 hanya mampu bermain imbang 0-0.

Meski lebih diunggulkan dalam laga nanti, Luis Milla sama sekali tak menganggap remeh. Hal ini sudah dikatakannya sebelum laga perdana kontra Thailand. 

"Semua tim punya kekuatan yang sama di sini. Kita tidak bisa menganggap remeh semua tim. alam grup ini, tidak hanya Thailand (yang kuat), tetapi juga ada negara lain," ujar Milla.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya ingin memikirkan persiapan pertandingan demi pertandingan. Harapan kami, bisa mendapatkan yang lebih baik setiap pertandingan sampai akhir grup ini," katanya.

Momentum Menuju Puncak

Laga kontra Timor Leste bisa jadi momentum Timnas U-22 menggeser Vietnam dari Puncak klasemen. Seperti yang diketahui, Timnas U-22 saat ini berada di posisi kedua klasemen Grup B dengan raihan 4 poin. Meski memiliki poin sama dengan Thailand, Timnas U-22 unggul dalam produktivitas gol.

Faktor lain yang memungkinkan Timnas U-22 melaju ke puncak klasemen, adalah melihat lawan-lawan yang akan dihadapi Thailand dan Vietnam. Thailand akan melakoni laga kontra tim yang memiliki pertahanan cukup baik, Kamboja U-23.

Berkaca pada laga kontra Timor Leste, Thailand hanya mampu memetik kemenangan 1-0. Armada Gajah Putih diprediksi bakal kesulitan menembus tembok kokoh Kamboja.

Sementara itu, Vietnam juga diprediksi akan mendapat perlawanan sengit dari Filipina. Sebab, Filipina juga masih memiliki peluang untuk bisa lolos ke semifinal.

Pertandingan Timnas U-22 kontra Timor Leste U-22 dalam matchday 3 Grup B akan digelar di Selayang Municipal Council Stadium, Selayang, Minggu 20 Agustus 2017 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya