Barcelona Vs Juventus, Duel Panas Pemuncak Klasemen Liga

Striker Barcelona, Lionel Messi (tengah).
Sumber :
  • twitter.com/fcbarcelona

VIVA.co.id – Penyisihan grup Liga Champions musim 2017-18 dimulai pertengahan pekan ini. Matchday 1 langsung disambut duel panas, antara Barcelona kontra Juventus, Rabu dini hari WIB, 13 September 2017.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

Laga di Camp Nou ini dipastikan berlangsung panas. Apalagi, saat ini Barca dan Juve berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara liga.

Blaugrana menempati puncak klasemen LaLiga dengan 9 poin dari 3 pertandingan. Bianconeri tak kalah, dengan memuncaki klasemen Serie A, juga dengan 9 poin dari 3 laga.

Tak Dipakai MU, Pemain Ini Malah Jadi Incaran Dua Raksasa Italia Juventus dan AC Milan

Akhir pekan lalu, kedua tim sama-sama meraih hasil positif. Barca menggasak Espanyol 5-0 dalam Derby Catalan di Camp Nou. Sedangkan Juve menang telak 3-0 atas Chievo Verona.

Bek Juve, Medhi Benatia sangat puas dengan kemenangan atas Chievo. Pemain 30 tahun ini berharap bisa memetik hasil positif saat bersua Barca.

Kisah Inspiratif Cristiano Ronaldo dari Masa Kecil yang Sulit Menuju Puncak Kejayaan

"Langkah besar kami ambil hari ini, pada pertandingan yang datang di antara jeda internasional dan Liga Champions. Kami menyelesaikannya dengan baik. Sekarang kami bisa mengalihkan perhatian kami pada laga Kamis nanti," kata Benatia di situs resmi Juventus.

Perihal laga kontra Barcelona nanti, Benatia belum tahu timnya akan menerapkan formasi yang sama dengan musim lalu atau tidak. Diketahui, Juventus sukses menyingkirkan Barcelona di babak perempat final musim lalu.

"Kami berhasil jauh ke Barcelona dengan dua pemain di lini tengah musim lalu, tapi terserah kepada para pelatih untuk memilih formasi dan kemudian kami akan beradaptasi," ujarnya.

Juventus Dihantui Krisis

Jelang laga panas ini, Juve dihantui krisis pemain. Dua pemain dipastikan absen. Sementara itu, tiga pemain lainnya diragukan tampil.

Sami Khedira dan Claudio Marchisio dipastikan absen di Camp Nou. Juve masih menunggu kondisi teranyar dari Alex Sandro, Giorgio Chiellini, dan Mario Mandzukic.

"(Georgio) Chiellini seharusnya sudah mulai bisa berlatih dengan skuat di hari Minggu. Alex Sandro demam dan kami harap dia segera sembuh. Khedira dan Marchisio sudah pasti absen," kata pelatih Juve, Massimiliano Allegri seperti dilansir Football Italia.

"Khedira baru saja kembali dari tugas internasional. Dia mengalami cedera lutut, baru beristirahat beberapa hari dan bermain 30 menit. Dia perlu waktu seminggu untuk bisa pulih," tuturnya.

Mandzukic mengalami cedera saat Juve menggasak Chievo Verona 3-0 dalam lanjutan Serie A di Juventus Stadium, Sabtu 9 September 2017. Allegri berharap, pemain internasional Kroasia ini bisa segera pulih.

"Dia hanya mengalami cedera betis ringan. Seharusnya tak terlalu serius," ungkapnya. 

Tentu saja kabar ini bukan hal bagus. Apalagi, Barca baru saja memetik start terbaik sepanjang sejarah penampilan mereka di LaLiga.

Seperti dilansir Sport, Senin 11 September 2017, Barcelona meraih kemenangan beruntun di tiga laga pertama LaLiga dengan mencetak 9 gol dan belum kebobolan.

Ini bukan kali pertama Barcelona menang beruntun di tiga laga pertama Laliga. Namun ini pertama kalinya Barcelona menang dengan koleksi banyak gol di tiga laga pertama.

Sebelumnya, terakhir kali Barcelona menang beruntun di tiga laga pertama terjadi di musim 2015 di bawah asuhan Luis Enrique. Tapi kala itu, Barca cuma mencetak total 6 gol. 

Ancaman Messi dan Dembele

Juventus wajib mewaspadai dua bintang Barca, Lionel Messi dan Ousmane Dembele. Dua pemain ini bisa menjadi pemain kunci Blaugrana di Camp Nou.

Messi sukses menorehkan hattrick saat bersua Espanyol. Luis Suarez sangat senang dengan performa yang ditunjukkan La Pulga.

"Merupakan kebanggaan bisa bermain satu tim dengan pemain terbaik dunia. Dia terus menunjukkan sebagai Messi yang sebenarnya," tutur Suarez, dikutip dari Football Espana.

Sementara itu, Dembele baru saja melakoni debut saat bersua Espanyol. Pemain 20 tahun ini menggantikan posisi Gerard Deulofeu di menit 68.

Dembele mampu melakoni debut dengan baik. Pemain yang diboyong dari Borussia Dortmund dengan nilai transfer €105 juta ini, memberikan assist untuk gol penutup Barca yang dicetak Luis Suarez.

Menurut laporan Sport, penampilan Dembele membuat pelatih Barca, Ernesto Valverde, terkesan. Pemain termahal sepanjang sejarah Blaugrana ini, mampu menunjukkan kecepatan, dribbling, dan kemampuan bekerja sama yang baik dengan rekan setimnya.

Dembele dikabarkan dalam kondisi yang sangat prima untuk berhadapan dengan Juve. Dia diyakini siap turun sebagai starter.

Nuansa dendam terjadi dalam duel Barca kontra Juve. Musim lalu, Juve menyingkirkan Barca di perempat final Liga Champions dengan agregat 3-0.

Sebelum musim ini bergulir, kedua tim bertemu di ajang pramusim bertajuk International Champions Cup. Barca menaklukkan Juve 2-1 di MetLife Stadium, Amerika Serikat, 23 Juli 2017.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya