Hasil Sempurna Garuda Muda

Timnas Indonesia U-16
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Timnas Indonesia U-16 berhasil lolos kualifikasi Piala Asia 2018. Skuat asuhan Fakhri Husaini lolos dengan sempurna setelah menyapu bersih laga kualifikasi dengan kemenangan. 

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Garuda Muda meraih satu tiket ke final Piala Asia 2018 dengan predikat juara grup G usai meraup 12 poin dari empat laga dengan 25 gol dan hanya kebobolan satu gol.

Korban terakhir Timnas U-16 adalah Laos yang digebuk 3-0 di laga pamungkas kualifikasi yang digelar di Rajamangala Stadium, Jumat 22 September 2017.

Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

Pencapaian gemilang ini menuai pujian dari pelatih Fakhri Husaini. Sebab Garuda Muda meraih hasil sempurna dengan meraup 12 poin dari empat pertandingan kualifikasi.

"Alhamdulillah saya sangat bangga dan bahagia tim kami bisa memenangkan semua pertandingan di kualifikasi kami," kata Fakhri usai laga, seperti dari rilis yang diterima VIVA.co.id.

Seleksi Timnas Indonesia U-16 Selesai, Nova Arianto: Fisik Mereka Jauh dari Harapan

"Saya sangat menghargai perjuangan anak-anak yang tanpa kenal lelah dengan determinasi tinggi mereka bermain berjuang demi bangsa dan negara," jelasnya. 

Fakhri juga puas melihat Timnas U-16 bisa menaklukkan dua lawan terkuat di grup G. Yaitu Thailand dan Laos. "Keduanya bisa kami taklukkan kali ini," kata Fakhri.

"Tak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pendukung di Indonesia. Dan terutama yang mendukung kami langsung di stadion," kata Fakhri melanjutkan.

Sempat Diragukan?

Pelepasan Timnas Indonesia U-16

Sebelum berlaga, Timnas U-16 sebenarnya tidak dipatok target tinggi. Ketum PSSI, Edy Rahmayadi, hanya meminta Timnas U-16 memberikan yang terbaik di ajang ini.

Kegagalan di Piala AFF U-15 lalu kemungkinan besar menjadi alasan kenapa Edy tidak mau membebani skuat asuhan Fachry Husaini. Mereka hanya bisa finish di posisi kelima klasemen akhir penyisihan grup.

"Sepakbola itu tidak instan. U-16 sudah kita persiapkan selama tujuh bulan. Mereka sudah berlatih keras," kata Edy Rahmayadi, 14 September 2017 lalu.

"Tapi kemarin di Piala AFF kita sudah berharap banyak namun ada hal yang memang perlu dievaluasi," lanjut dia.

Meski diragukan, Fakhri Husaini sangat yakin skuatnya bisa berbicara banyak di ajang ini. Sebab Timnas U-16 tergabung di grup yang terbilang mudah.

Kondisi ini membuat pelatih Timnas U-16, Fachry Husaini, berani mematok target tinggi. Dia optimistis bisa membawa pasukannya menembus Piala Asia U-16 2018.

"Kami sudah melakukan persiapan sebaik mungkin. Pemain siap tampil dan dengan dukungan dari Bapak Edy saya berharap pemain bisa semangat," kata Fachri.

"Kami menargetkan bisa tampil di Piala Asia," lanjut dia.

Pelatih Timnas U-16, Fachry Husaini, menilai dari empat lawan di grup G, Thailand menjadi tim terberat. Memperebutkan satu tiket lolos otomatis, Fachry yakin anak-anak asuhnya bisa bersaing dengan Thailand.

"Sebenarnya ada jatah bagi lima runner up terbaik. Tapi, mengincar tiket dari posisi lima runner up terbaik tentu tak jadi jaminan bagi Timnas U-16 tampil di putaran final Piala Asia.

"Thailand merupakan tim hebat. Namun, kami juga harus menghormati lawan-lawan lainnya," kata Fachry.

Perjalanan Timnas U-16 di Kualifikasi

Pemain Timnas Indonesia U-16, Ahmad Rusadi

Timnas U-16 memulai perjuangan di kualifikasi Piala Asia 2018 pada akhir pekan lalu. 16 September 2017 dengan menghadapi Kepulauan Mariana Utara.

Dan, start gemilang dibukukan Timnas U-16 dengan melumat Kepulauan Mariana Utara dengan skor 18-0. Meski yakin menang besar, tapi jumlah gol ini di luar prediksi sebelumnya.

Hasil positif kembali dibukukan Timnas U-16 kala menghadapi Timor Leste, dua hari berselang. Sempat kesulitan, Garuda Muda sukses menggebuk Timor Leste 3-1. 

Ujian berat baru menghampiri Timnas U-16 di laga ketiga. Mereka menghadapi lawan terkuat di grup ini, Yaitu Thailand. Namun Timnas U-16 sukses melewati hadangan Thailand.

Timnas U-16 sukses mempecundangi Thailand dengan skor tipis 1-0, 20 September 2017. Gol tunggal kemenangan Timnas U-16 dicetak Abdillah di menit 20.

Korban terakhir Garuda Muda adalah Laos yang digebuk 3-0 di laga pamungkas kualifikasi yang digelar di Rajamangala Stadium, Jumat 22 September 2017.

Fakta menarik mencuat atas sukses ini. Sebab Timnas U-16 menjadi tim pertama dari peserta kualifikasi yang memastikan lolos ke putaran final. 

Satu-satunya yang sudah memastikan satu tempat selain Timnas U-16 adalah Malaysia selaku tuan rumah nanti. Sisanya, masih ada 14 slot lagi yang diperebutkan puluhan negara Asia.

Piala Asia U-16 sendiri akan digelar pada 20 September hingga 7 Oktober 2018 di Malaysia. Ada 16 tim Asia yang akan bertarung untuk menjadi yang terbaik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya