Kenapa Bisa Bobotoh Jadi Suporter Terbaik Piala Presiden?

Ilustrasi Bobotoh Persib.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Sebuah hasil mengejutkan muncul dalam pengumuman penghargaan Piala Presiden 2018. Suporter Persib Bandung, Bobotoh, dinobatkan sebagai yang terbaik dalam turnamen ini.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Terbilang kontroversial, karena sebenarnya perilaku Bobotoh sempat disorot. Persib pun kena getahnya dengan didenda oleh Organizing Committee, karena perilaku Bobotoh dianggap melanggar Kode Disiplin Piala Presiden 2018.

Perdebatan di dunia maya juga sangat kencang. Di jagat twitter saja, banyak yang berdiskusi terkait kelayakan Bobotoh menjadi juara Piala Presiden.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

Ketua Steering Committee Piala Presiden, Maruarar Sirait, angkat bicara soal keputusan ini. Menurut Ara, wajar jika ada pihak yang merasa heran dengan penunjukan Bobotoh sebagai suporter terbaik.

"Ada yang pertanyakan, itu wajar. Tapi, ada pertimbangannya," ujar Ara saat ditemui di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu 17 Februari 2018.

Kunci Persita Tangerang Imbangi Persib Bandung meski 2 Kali Tertinggal

Ara menuturkan, sebenarnya ada tiga kelompok suporter yang jadi nominator. Mereka adalah Bobotoh, Aremania, dan Bonek.

Perjalanan ketiga suporter ini, disebut Ara, disaksikannya secara langsung. Dia melihat ketiga suporter ini bisa memberikan pemandangan yang sangat menyejukkan hati.

"Aremania dan Bonek berkumpul di Solo. Tapi, mereka bisa menjaga ketertiban. Lalu, suporter Persib bisa mengendalikan diri saat timnya kalah," terang Ara. (one)

fOBI gelar kejuaraan dunia barongsai

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Event yang digagas Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) ini akan diikuti 550 atlet dari 10 negara di dunia.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024