Ridwan Kamil Kecam Aksi Biadab yang Tewaskan Pria Diduga Jakmania

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil, menyampai duka cita atas meninggalnya pemuda yang diduga merupakan suporter Persija Jakarta, Haringga Sirilla. Pria 23 tahun itu diketahui meregang nyawa usai menjadi korban pengeroyokan di kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Minggu siang, 23 September 2018.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Menurut laporan polisi, Haringga sebelumnya dikejar oleh sejumlah pendukung Persib karena diduga merupakan Jakmania. Dia lalu dihajar habis-habisan dengan kayu, piring dan benda keras lain hingga bersimbah darah dan akhirnya tewas.

Berita tragis itu langsung sampai ke telinga RK (panggilan Ridwan Kamil). Sebagai orang nomor satu di Jawa Barat, dia pun mengecam ulah para pengeroyok yang merupakan oknum Bobotoh atau pendukung Persib.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

"Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang. Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yg di dapat dgn susah payah. ______ Bagaimanapun, dalam situasi seperti ini, secara kemanusiaan, saya pribadi memohon maaf kepada keluarga korban dan rekan2 The Jak Persija," tulis RK di Instagram.

Kunci Persita Tangerang Imbangi Persib Bandung meski 2 Kali Tertinggal

Lebih dari itu, RK meminta para pelaku segera ditindak dan dihukum seberat-beratnya oleh pihak berwajib. Tak lupa dia berharap agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang, apalagi itu sampai mengorbankan jiwa manusia.

Pertandingan antara Persib melawan Persija memang selalu berlangsung dengan tensi tinggi, khususnya di luar lapangan. Suporter kedua tim kerap bentrok setiap duel digelar.

Untuk duel ini, panitia dan kepolisian sudah melarang agar pendukung Persija atau Jakmania datang menyaksikan pertandingan. Hal yang sama juga berlaku pada ketika beberapa waktu lalu Macan Kemayoran menjadi tuan rumah di Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya