Mitra Kukar Ditekuk Bali United, Strategi RD Gagal Berjalan Sempurna

Pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan.
Sumber :
  • VIVA/Bobby Andalan (15-10-18)

VIVA – Mitra Kukar gagal memetik poin saat bentrok dengan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin 15 Oktober 2018. Tim asuhan Rahmad Darmawan harus menanggung kekalahan dengan skor tipis 0-1 dari tuan rumah.

Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya

Menanggapi jalannya laga, pelatih yang akrab disapa RD itu menegaskan tak ada yang salah dari skema bermain anak asuhnya. Soal sebiji gol yang diciptakan Serdadu Tridatu lahir dari bola mati.

"Anak-anak bermain cukup disiplin. Kita hanya kemasukan dari set piece. Itu sebetulnya bukan kesalahan, itu clear. Tapi sudahlah, ini sepakbola," kata RD usai laga, Senin 15 Oktober 2018.

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Ia mengucapkan terima kasih kepada timnya yang telah mengeluarkan kemampuan terbaik dan menjalankan taktik dengan benar. Sejak awal, RD mengantisipasi agresivitas permainan Bali United yang hampir konsisten ditunjukkan sepanjang laga.

"Jalannya pertandingan cukup menarik. Sejak awal kita memang mengantisipasi Bali United yang tampil agresif. Kita pakai skema berbeda yaitu tiga bek tengah. Itu yang kita antisipasi," terang RD.

Spanduk Sindiran Suporter Bali United untuk Bhayangkara FC: Degradasi Karma 2017

Dengan skema itu, RD mengandalkan counter attack untuk mencetak gol. Sayang, pada titik ini sentuhan akhir tak berjalan mulus. Menempatkan tiga bek tengah juga membuat suplai bola ke lini depan menjadi tersendat. 

"Kita memang mengandalkan counter attack. Kita sukses blok defense lawan. Tapi begitu ada peluang terburu-buru dalam mengambil keputusan. Ketika bola dioper, salah atau timing-nya kurang tepat," paparnya.

"Tapi ini progress yang cukup baik yang ditunjukkan anak-anak. Tinggal mengoptimalkan permainan kita saja," tambahnya.

 Penggawa Naga Mekes, Saepuloh Maulana mengakui beberapa peluang yang didapat timnya tak dapat dioptimalkan dengan baik. "Kita kurang beruntung. Ada beberapa peluang yang tidak bisa dioptimalkan menjadi gol. Ke depan ini harus diperbaiki," ucapnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya