4 Klub Liga 1 Menanti Nasib Banding Lisensi Klub Profesional AFC

COO PT. Liga Indonesia Baru (LIB), Tigorshalom Boboy
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pratama Yudha

VIVA – Chief Operating Officer PT. Liga Indonesia Baru, Tigorshalom Boboy, menyebut terdapat empat klub Liga 1 2018 mengajukan banding terkait lisensi klub profesional AFC. Klub-klub tersebut adalah Madura United, PSM Makassar, Barito Putera, dan Persib Bandung.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Sebelumnya, sebanyak tujuh klub, yakni Persija Jakarta, Arema FC, Bali United, Borneo FC, Bhayangkara FC, Persipura Jayapura, dan juga Persib sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan lisensi tersebut. Namun, beberapa tim masih ditangguhkan statusnya.

Maka itu, hingga kini PT. LIB, selaku operator, masih belum merilis siapa saja klub yang dinyatakan lolos lisensi. Mereka baru akan mengumumkan hasilnya ketika Komite Banding Lisensi AFC sudah memberikan putusan terkait banding empat klub tersebut.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

"Soal lisensi memang kita sengaja kita tahan karena baru akan ada keputusan dari Komite Banding Lisensi AFC. Nanti kami akan berkoordinasi lagi dengan PSSI terkait hal ini. Tapi, kalau yang disampaikan kepada klub-klub peserta itu adalah hasil yang mereka terima," ujar Tigor kepada wartawan di kantor LIB, Jakarta.

Syarat untuk mendapatkan lisensi AFC pun terbilang cukup berat. Setiap klub harus memenuhi lima aspek, yaitu legalitas, finansial, infrastruktur, administrasi, dan pembinaan usia dini serta sumber daya manusia.

Kunci Persita Tangerang Imbangi Persib Bandung meski 2 Kali Tertinggal

Ditambahkan Tigor, status lisensi pun terbagi lagi menjadi dua, yakni disetujui dan disetujui dengan syarat. Jika syarat tak segera dipenuhi, lisensi bisa dicabut.

"Perlu ditegaskan lagi, status lolosnya klub itu ada dua, yakni disetujui dan disetujui dengan syarat. Status lolos pertama artinya sudah dipenuhi semua kriteria A, yang berjumlah 33 kriteria. Sementara status lolos yang kedua berarti kriteria A terpenuhi tapi kriteria B belum. Dan itu ada jangka waktu tertentu untuk segera dipenuhi. Kalau tidak, lisensi bisa dicabut," ungkap dia.

Selain itu, Tigor juga menjelaskan alasan Persib ikut mengajukan banding. Padahal sudah dinyatakan lolos. 

"Persib masuk kategori sudah lolos. Ikut banding karena beberapa kriteria masih mau dilengkapi. Tapi, secara keseluruhan 33 kriteria sudah lengkap," tutur mantan Sekretaris PT. Liga Indonesia itu.

Jika keempat klub tersebut dinyatakan lolos, maka akan ada 10 klub Indonesia yang memiliki lisensi klub profesional AFC. Jumlah ini mendekati Malaysia yang sudah meloloskan 11 klub.

"Malaysia ada 11 klub yang lolos. Semoga kita juga bisa. Tapi, apa pun hasilnya kita sudah banyak progress," kata Tigor.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya