Kiper Persib Dapat Peran Nekat Mirip Manuel Neuer

Kiper Persib Bandung, Muhammad Natshir
Sumber :
  • instagram.com/deden_natshir01/

VIVA – Gaya sweeper-keeper kini menjamur ke Liga 1. Permainan nekat yang lekat dengan kiper Bayern Munich dan Timnas Jerman, Manuel Neuer, tersebut mulai diterapkan oleh penjaga gawang Persib Bandung, Muhammad Natshir.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Memang, di masa sekarang, kiper dituntut juga harus memiliki kemampuan kontrol bola, membangun serangan, dan kejelian dalam melihat ruang di lini pertahanan lawan.

Neuer adalah kiper yang memiliki kemampuan tersebut. Disusul, beberapa kiper papan atas macam Ederson Moraes (Manchester City) mulai meniru gaya Neuer.

Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini

Deden (sapaan Natshir) mengakui gaya mainnya sekarang sedikit diubah menyusul tugas yang diberikan pelatih Milan Radovic.

"Kiper sekarang memang harus punya fungsi sebagai stopper pula," kata Deden.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Sejak Persib menggelar latihan perdana, Deden sudah mulai mengasah kemampuannya sebagai sweeper-keeper. Berbagai skema permainan taktis diberikan kepada Deden. Pun, banyak situasi yang diberikan pelatih kepadanya agar tahu keputusan apa yang wajib diambilnya dalam kondisi tersebut.

"Saya pribadi, lebih fokus pada menyusun serangan. Hanya saya, saat mendapat tekanan, tak mungkin fokus ke membangun pertahanan (harus sapu bersih). Saat tak tertekan, utamakan membangun serangan," terang Deden.

Musim lalu, Deden sebenarnya sudah sempat menerapkan sedikit gaya main tersebut. Musim depan, gaya tersebut akan diterapkannya dalam setiap pertandingan. (baw)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya