Manajer Madura FC Dipanggil Satgas Antimafia Bola

Ilustrasi wasit sepakbola saat mengeluarkan kartu merah.
Sumber :
  • USA Today

VIVA – Manajer Madura FC, Januar Herwanto diperiksa polisi sebagai saksi terkait kasus dugaan pengaturan skor pertandingan sepakbola di Liga Indonesia. Januar dimintai keterangan pada Jumat 18 Januari 2019.

PSSI dan Polri Kompak Berantas Mafia Bola, Jokowi Acungkan 2 Jempol

"Hari ini Satgas memeriksa Januar Herwanto," ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri di Kantor Divisi Humas Polri, Jumat 18 Januari 2019.

Hal ini dilakukan tak lain guna mencari tahu adanya dugaan pengaturan skor antara Madura FC melawan PSS Sleman. Alhasil, Januar pun terpaksa diperiksa.

Ketum PSSI Erick Thohir Apresiasi Sikap Presiden Jokowi dan Kapolri Sikat Habis Mafia Bola

"Terkait match fixing di laga Madura United vs PSS Sleman," katanya lagi.

Dalam kasus ini, 12 orang telah ditetapkan sebagai tersangka diantaranya, anggota Komisi Disiplin PSSI Dwi Riyanto alias Mbah Putih, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Johar Ling Eng, mantan wasit futsal Anik Yuni Artika dan ayahnya yang merupakan mantan anggota Komisi Wasit PSSI Priyanto, lalu seorang wasit pertandingan antara Persibara Banjarnegara melawan PSS Pasuruan bernama Nurul Safarid.

Diduga Ada Mafia Wasit di Liga 2 Krishna Murti Beri Peringatan Tegas

Kemudian ada staf Direktur Penugasan Wasit di PSSI berinsial ML, selanjutnya tersangka dengan inisial YI, CH, DS, P dan MR. Ada pula pegiat sepakbola Indonesia, Vigit Waluyo yang juga jadi tersangka karena memberikan dana sebesar Rp 115 juta kepada Mbah Putih agar PSMP Mojokerto bisa naik kasta dari liga 2 ke liga 3.

Tersangka kasus pengaturan skor, Vigit Waluyo

Vigit Waluyo dan Wasit Ditahan Terkait Suap Match Fixing Liga 2

Lebih lanjut dia mengatakan polisi masih melakukan pengembangan guna memburu satu buronan dalam kasus ini.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023