Hadapi Piala Presiden, Persebaya Pusing Bintangnya Banyak yang Absen

Sesi latihan Persebaya Surabaya
Sumber :
  • Twitter/@persebayaupdate

VIVA – Persebaya Surabaya tampaknya tidak main-main di ajang Piala Presiden 2019. Meski hanya bertajuk turnamen pramusim, armada Bajul Ijo membidik gelar juara di ajang ini. Sebagai bukti, Persebaya membawa seluruh pemain intinya.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Menurut manajer Persebaya, Candra Wahyudi, seluruh pemain yang dibawa berstatus pemain senior. Tak ada lagi pemain dari Persebaya U-19, seperti yang diturunkan di Piala Indonesia 2018/2019. Diungkap Candra juga, Persebaya membawa 24 pemain terbaiknya ke Bandung, tempat digelarnya laga Grup A Piala Presiden 2019.

Di antara 24 pemain itu, tiga di antaranya dipanggil timnas senior, Hansamu Yama Pranata, Otavio Dutra, dan Ruben Sanadi. Ketiga pemain tersebut akan menjalani pemusatan latihan timnas mulai 6 Maret sebagai persiapan FIFA Matchday melawan Myanmar pada 25 Maret.

Radja Nainggolan di Mata Osvaldo Haay

Namun, Hansamu Yama izin dari memusatan latihan itu karena jadwalnya bersamaan dengan resepsi pernikahannya. Di sela-sela jadwal resepsi, Hansamu bisa membela Persebaya, namun hanya pada laga kedua melawan Persib.

Sementara itu, Dutra dan Ruben tetap di bawa ke Bandung karena bisa bermain lawan Perseru sebelum menjalani pemusatan latihan Timnas, 6 Maret. Namun, keduanya dipastikan absen pada laga melawan Persib dan PS Tira.

Juara Baru Lahir di Piala Presiden Esports 2023

Selain tiga pemain tersebut, ada dua pemain lain Persebaya  yang harus membela Merah Putih di Piala AFF. Yaitu  Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay. Seusai final Piala AFF U-22, mereka baru bisa bergabung 3 Maret
di Bandung. Keduanya absen lawan Perseru, namun bisa main lawan Persib dan PS TIRA Persikabo.

"Ada 24 pemain senior kami bawa. Tapi, kita tidak bisa main dengan kekuatan penuh di semua pertandingan karena beberapa dipanggil Timnas. Untuk timnas, kami pasti support tugas negara. Tim pelatih akan
mencari solusi karena sejumlah pemain bergabung timnas. Kami akan berusaha maksimal untuk mendapatkan hasil lebih baik," ucap Candra.

Di Grup A, Persebaya tergabung dengan tuan rumah, Persib Bandung, Perseru Serui, dan PS Tira-Persikabo. Sesuai jadwal, lawan pertama adalah  Perseru pada 2 Maret. Lalu Persib pada 7 Maret dan PS Tira pada 12 Maret. (zak)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya