Pelatih Persib Sayangkan Jadwal Timnas Tak Sesuai Kalender FIFA - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 10 Juni 2019 | 14:52 WIB

Pelatih Persib Sayangkan Jadwal Timnas Tak Sesuai Kalender FIFA

Duel Timnas Indonesia vs Vanuatu dihelat di luar kalender FIFA.
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.
Photo :
  • VIVA/Dede Idrus (10-05-19)

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

VIVA – Timnas Indonesia akan melakoni dua laga uji coba. Yordania bakal menjadi lawan pertama tim besutan Simon McMenemy di Amman International Stadium pada Selasa, 11 Juni 2019. Sepekan kemudian, 15 Juni 2019, Indonesia akan menjamu Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Dari dua laga uji coba ini, hanya pertandingan melawan Yordania yang masuk dalam kalender FIFA. Adapun melawan Vanuatu sudah tidak lagi terdaftar di agenda federasi sepakbola internasional itu. Sebab, FIFA memberikan waktu pada 3 hingga 11 Juni 2019 kepada setiap negara untuk bertanding dalam kalender internasional. 

Uji coba kontra Vanuatu sedikit menimbulkan kekecewaan bagi pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Akibat tak sesuai jadwal FIFA, hal itu berimbas pada kekuatan skuatnya untuk kembali mengarungi Liga 1 2019. Persib seharusnya bertandang ke markas Arema FC pasca libur Lebaran pada 14 Juni 2019. Namun PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunda seluruh duel yang ada di pekan keempat lantaran mulainya berdekatan dengan laga uji coba Timnas Indonesia vs Vanuatu. 

Alhasil, laga pertama Persib usai libur adalah melawan Tira Persikabo, 18 Juni 2019 di Stadion Si Jalak Harupat. Akan tetapi, Robert belum mengetahui apakah dua pemainnya yang dipanggil Timnas Indonesia yakni Febri Hariyadi dan Achmad Jufriyanto dapat segera kembali setelah uji coba dan dalam keadaan yang siap dimainkan. 

"Ya, intinya tanggal 11 Juni jeda internasional selesai. Jadi tanggal 12 Juni mereka akan balik ke tim dan mereka bisa main. Sayangnya, Indonesia main di luar kalender FIFA, jadi pemain belum bisa kembali ke tim. Seharusnya, saat kalender FIFA klub melepas pemain, sesudah kalender FIFA pemain kembali ke klub," ucap Robert.

Perihal keresahan Robert ini, PSSI sebelumnya pernah mengutarakan alasannya untuk menetapkan uji coba melawan Vanuatu tidak masuk ke dalam kalender FIFA. Yang menjadi persoalan ialah periode FIFA Matchday berbenturan dengan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah pada 5-6 Juni. Karena tak ingin mengganggu perayaan sakral tersebut, PSSI terpaksa mencari tanggal lain.

"Tahu kapan FIFA Matchday? Lebaran kapan? Apakah kami akan membuat pemain kami bermain pada 5 Juni, tidak mungkin," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria kepada wartawan di Stadion Pajajaran, Bogor, 25 Mei 2019.

loading...
Muat Lainnya...