PSMS dan PSPS Lunasi Tunggakan Gaji, Liga 2 Bisa Dimulai

Logo Liga 2
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) telah resmi mengeluarkan rekomendasi penyelengaraan Liga 2 2019. Rekomendasi ini dikeluarkan BOPI setelah mendapatkan perkembangan terkait tunggakan gaji pemain yang belum dilunasi oleh dua peserta Liga 2 yakni PSMS Medan dan PSPS Pekanbaru.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

Usai mengadakan pertemuan dengan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan perwakilan klub, BOPI akhirnya menyetujui Liga 2 2019 bergulir besok, Sabtu 22 Juni 2019.

"PSMS tadi menyampaikan ke PT LIB, dan pihak PSMS sudah menyelesaikan semua (tunggakan gaji). Kami juga sudah kroscek bukti-bukti transfer dan pembayaran," kata Tim Hukum APPI, Jannes Silitongan di Kantor Kementrian Pemuda dan Olaharaga, Jumat 21 Juni 2019.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

"Sebagian besar sesuai, meski ada beberapa kesalahan teknis seperti kesalahan nomor rekening. Nanti kami akan cek hari Senin, melalui bukti transfer yang sudah dilakukan PSMS secara keseluruhan, karena tak ada lagi dicicil, dan sudah sesuai dengan keinginan pemain," sambungnya.

Sementara, untuk tunggakan gaji pemain PSPS, APPI juga mengklaim sudah dilunasinya. Hal itu bisa dipastikan APPi setelah pihak PSPS mengirim bukti pencairan cek untuk melunasi sisa utang gaji ke pemain.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

"Terkait PSPS, kami sudah membuat semacam kesepakatan berita acara serah terima dari klub ke Sekjen APPI, yang memperlihatkan pencairan cek sebesar Rp500 juta," ucap Jannes.

"Rencananya cek akan dicairkan di hari Senin. Perwakilan APPI dan PSPS akan mencairkannya untuk melunasi hak pemain. BOPI pun sudah menerima semua laporan ini. Dan, kami menganggap tidak ada permasalahan lagi dengan pemain PSPS, untuk rekomendasi kompetisi sepenuhnya di serahkan ke BOPI," jelasnya.

Setelah mendengar laporan dari APPI, Ketua Umum BOPI, Richard Sam Bera, mengaku gembira, dan bersedia mengeluarkan rekomendasi untuk penyelengaraan Liga 2 2019. Ia pun berharap polemik ini dapat menjadi pelajaran berharga bagi PT LIB dan klub-klub peserta.

"Saya sangat gembira dengan perkembangan ini, bahwa kami dapat menjembatani penyelesaian tunggakan gaji. Dengan ini, BOPI memberikan rekomendasi Liga 2 2019 dengan selesainya permasalahan ini," kata Richard.

"Selama bertugas kepada LIB, dan selamat bertanding kepada pemain. Semoga Liga 2 2019 menjadi kompetisi yang sukses, dan penyelesaian tunggakan gaji ini menjadi titik awal untuk penataan kembali sepakbola Indonesia lebih baik, mudah-mudahan ini jadi pelajaran," ujarnya menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya