Misi Terselubung Eks Pelatih Bali United Bersama Persita di Liga 2

Widodo Cahyono Putro resmi tukangi Persita Tangerang
Sumber :
  • VIVA / Riki Ilham Rafles

VIVA – Widodo Cahyono Putro membeberkan beda melatih di Liga 1 dengan Liga 2. Menurutnya, ada perbedaan yang mencolok dari segi euforia dan kualitas kompetisi. 

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Pada musim 2019, Widodo memutuskan untuk tidak lagi berkarier di kasta sepak bola teratas Indonesia, setelah mengundurkan diri dari Bali United. Dua musim berada di Liga 1, Widodo sukses membawa Bali United menjadi runner up Liga 1 2017 dan mundur di penghujung musim 2018. Bali United akhirnya finis di peringkat ke-11.

Selanjutnya, Widodo memilih menukangi klub Liga 2, meski tawaran dari beberapa klub Liga 1 datang kepadanya. Adalah Persita Tangerang, klub yang berhasil meluluhkan hatinya. 

PSBS Biak Buka Suara Terkait Kerusuhan Suporter di Kandang Semen Padang

Widodo mengakui, keinginan kuat dari Persita untuk lolos ke Liga 1 menjadi alasannya tertarik untuk bergabung. Akan tetapi, ada misi terselubung darinya menerima pinangan itu. Eks striker Timnas Indonesia itu mempunyai keinginan untuk membuat Liga 2 mempunyai kualitas dan euforia yang setara dengan Liga 1. 

"Memang saat ini secara kualitas Liga 1 dan Liga 2 berbeda. Tapi, mengapa saya memilih di Liga 2, karena untuk mengembangkan sepakbola Indonesia," kata Widodo saat ditemui di kawasan Jakarta, Rabu 3 Juli 2019.

Liga 1 Musim Depan Berisi Wakil Seluruh Pulau

Widodo menjelaskan, sepak bola Indonesia sejatinya bukan hanya dapat digambarkan dari persaingan yang terhampar di Liga 1 saja. "Bisa dari Liga 2 dan Liga 3. Bahkan, dari grassroot juga bisa. Dan ini tekad saya, saya akan menampilkan yang terbaik di Liga 2, supaya euforianya dan kualitasnya seperti Liga 1," jelasnya.

Perihal kekuatan tim peserta di Liga 2, Widodo mengakui relatif merata. semua tim saling mengalahkan satu sama lain. "Setiap tim bisa dikalahkan di kandangnya. Sebaliknya, tim tamu bisa memenangkan pertandingan di kandang lawan," bebernya.

Widodo saat ini sukses menorehkan dua kemenangan untuk Persita dari tiga laga yang telah dijalani. Dengan hasil itu, untuk sementara Persita bertengger di peringkat keempat klasemen sementara wilayah barat dengan poin enam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya