Pesan Penting BOPI Usai Restui Liga 1 2020

Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri dan Ketua BOPI, Richard Sam Bera.
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA – Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) merestui bergulirnya Liga 1 2020 dengan memberikan surat rekomendasi kepada operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Seremonial penyerahan rekomendasi diberikan langsung oleh Ketua BOPI, Richard Sam Bera kepada Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri di Kantor Kemenpora, Jakarta, pada Jumat, 21 Februari 2020.

Richard mengatakan, keluarnya rekomendasi berdasarkan verifikasi yang telah dilakukan BOPI meliputi badan hukum, perpajakan, kontrak pemain, Kitas (Kartu Izin Tinggal Terbatas) buat pemain dan pelatih asing.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

"Sebelum kami serahkan rekomendasinya, kami verifikasi dulu sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan," kata Richard kepada pewarta.

BOPI juga berpesan kepada PT LIB agar pengelolaan kompetisi bisa lebih baik dari musim sebelumnya. Dari segi bisnis, BOPI berharap operator bisa lebih mendapat banyak keuntungan. Kemudian, BOPI juga meminta kepercayaan ini jangan sampai disia-siakan.

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

"Kami berharap kompetisi ini pengelolaan liga harus profesional mengutamakan aspek-aspek bisnis profesional yang menguntungkan. Sebagai review sedikit untuk 2019 kemarin, kami apresiasi tak ada lagi korban jiwa. Ternyata harapan kami terpenuhi. Tapi masih ada kerusuhan-kerusuhan yang terjadi. Ini yang harus dihilangkan," ucap Richard.

PT LIB bersyukur rekomendasi ini bisa dikeluarkan BOPI sehingga Liga 1 2020 yang rencananya digelar pada 29 Februari bisa digelar sesuai jadwal.

LIB bertekad untuk mewujudkan tuntutan lebih profesional dan membenahi kerukunan suporter. Sebab menurut Cucu, sepakbola merupakan alat persatuan dan kesatuan bukan kemudian malah jadi perpecahan.

"Komitmen ini kan bukan cuma LIB saja. Ini komitmen seluruh bangsa Indonesia bagaimana mengelola olahraga khususnya sepakbola dengan baik sehingga ini betul-betul menjadi alat persatuan kesatauan," tuturnya.

"Jangan ada olahraga ini jadi perpecahan kita sebagai bangsa Indonesia. Saya ditunjuk untuk mengelola kompetisi secara profesional. Jadi kalau secara profesional antara hak kewajiban harus jelas. Bagaimana menyelenggarakan juga dengan prinsip-prinsip profesionalisme bukan amatiran," imbuhnya.

Liga 1 2020 akan dibuka dengan pertandingan Persebaya Surabaya melawan Persik Kediri. Derby Jawa Timur ini akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada 29 Februari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya