Duel Liga 2 Persis Solo Vs PSCS Resmi Ditunda, karena Virus Corona

Pemain PSIS dengan Wali Kota Solo, F. X. Hadi Rudiyatmo
Sumber :
  • Twitter/Persis

VIVA – Pertandingan pekan pertama Liga 2 antara tuan rumah Persis Solo menjamu PSCS Cilacap resmi ditunda karena ancaman virus Corona Covid-19. Sejatinya, pertandingan tersebut bakal digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu 15 Maret 2020. 

Hasil Liga 1: Persis Solo Legowo Akui Kemenangan Tim Tamu Persita Tangerang

Pertandingan ini dibatalkan tak lepas dari instruksi Wali Kota Solo , F.X. Hadi Rudyatmo, yang menetapkan wabah corona berstatus Kasus Luar Biasa (KLB) di Solo. Menyikapi hal itu, perangkat pertandingan Persis lantas menggelar pertemuan di Mapolresta Surakarta. Turut hadir dalam pertemuan itu perwakilan dari Persis dan PSCS.

"Merujuk maklumat Pemprov Surakarta terkait status wabah corona yang ditetapkan Wali Kota Solo perihal virus Corona. Terkait hal itu kami mengajukan pembatalan pertandingan. Sekarang status dikembalikan ke operator (PT Liga Indonesia Baru) untuk dijadwalkan ulang," kata Andik.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2
Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

"Ini juga sesuai dengan yang dituangkan dalam rilis Pemkot Solo. Kejadian ini kami anggap force majeur, dan cukup bijak mengantisipasi dengan mengambil langkah ini," sambungnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menetapkan Solo berstatus kejadian luar biasa (KLB) terhadap virus corona Covid-19. Penetapan status itu dilakukan usai meninggalnya satu pasien positif Covid-19 yang diisolasi di RSUD dr Moewardi, Solo.

Terlepas dari laga Persis kontra PSCS yang ditunda, duel pembuka Liga 2 2020 yang dihelat di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu 14 Maret 2020 tetap digelar. Adapun partai pembuka mempertemukan tuan rumah Persiba Balikpapan menjamu Kalteng Putra.

Laga ini tetap dilanjutkan setelah Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri melakukan rapat terkait menyikapi mewabahnya virus corona bersama Menpora Zainudin Amali dengan para operator liga cabang olahraga lainnya di Kantor Kemenpora, Senayan, Jumat 13 Maret 2020.

Dalam rapat tersebut, tertuang kesepakatan untuk menyerahkan semua kelanjutan kompetisi baik yang sudah maupun yang akan berjalan kepada federasi cabor masing-masing. Termasuk PT Liga Indonesia Baru, operator yang ditunjuk PSSI untuk melaksanakan Liga 1 dan 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya