Perang Batu Suporter dan Flare Nodai Kemenangan Perdana PSMS

Flare di pertandingan PSMS Medan
Sumber :
  • Uga Andriansyah (Medan)/ VIVA

VIVA – Kemenangan perdana PSMS Medan di pekan pertama Liga 2 2020, Minggu 15 Maret 2020, ternodai. Aksi saling lempar batu dan botol air mineral antar suporter tim berjuluk Ayam Kinantan di dalam Stadion Teladan, Medan, ini berawal saat pendukung PSMS yaitu Ultras 1950 dari tribun utara menyalakan flare atau suar di menit ke 89. 

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Tak terima dengan aksi yang dilakukan suporter PSMS dengan menyalakan suar. Pendukung Ayam Kinantan dari tribun timur sontak tersulut emosi dan langsung melempari kelompok suporter yang menyalakan suar. Kericuhan dan aksi menyalakan suar tersebut membuat laga antara PSMS dengan AA Tiga Naga sempat terhenti. 

Beruntung kericuhan mereda ketika aparat kepolisian masuk ke tribun untuk menghentikan kericuhan. Gelandang PSMS, Legimin Rahardjo juga turut melakukan hal serupa. Hingga laga usai, kelompok suporter di tribun utara masih disetrap pihak kepolisian. 

PSBS Biak Buka Suara Terkait Kerusuhan Suporter di Kandang Semen Padang

Adanya aksi menyalakan suar dan kericuhan membuat PSMS terancam menerima sanksi dari Komite Disiplin PSSI. 

Pada laga tersebut PSMS berhasil mengunci kemenangan dengan skor 2-1 di laga pekan pertama Liga 2. 

Liga 1 Musim Depan Berisi Wakil Seluruh Pulau

Ketua panitia pelaksana pertandingan PSMS, Julius Raja mengatakan pihaknya sangat menyesalkan atas aksi yang dilakukan Ultras 1950. 

"Laga perdana di Teladan yang mestinya berakhir bergembira karena PSMS menang. Ulah suporter itu membuat pertandingan berhenti. Ini jelas PSMS terkena denda. Bagi kami melalui kuasa hukum akan diproses. Ini akan ditindaklanjuti secara hukum. Dugaan kami ingin pasti ada orang di belakang layar yang menyuruh untuk menyalakan suar," jelas pria yang kerap disapa King ini. 

Dua gol Ayam Kinantan dicetak pemain termahalnya yakni Rachmad Hidayat melalui penalti pada menit 29 dan tendangan bebas di menit 76. Sementara gol AA Tiga Naga dicetak pada menit 13 melalui kaki Nico Malau. Kemenangan itu diraih Ayam Kinantan dengan 10 pemain usai gelandang Elina Soka diusir dari lapangan pada menit 44 usai menerima kartu kuning keduanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya