Sikap Kontras Klub Liga 2 yang Tunggak Gaji Pemain

Logo Liga 2
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Liga 2 2020 bergulir baru satu pekan. Namun, beberapa kasus penunggakan gaji mulai terkuak. Beberapa hari lalu, Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) merilis sejumlah data.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Ada lima klub Liga 2 2020 yang menunggak gaji pemainnya. Mereka adalah PSPS Riau, PSMS Medan, Kalteng Putra, Mitra Kukar, dan Perserang Serang.

(Baca juga: Kalteng Putra Tunggak Gaji 26 Pemain, Pelatih, dan Kitman)

PSBS Biak Buka Suara Terkait Kerusuhan Suporter di Kandang Semen Padang

Protes pun bermunculan kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Seharusnya kelima klub itu tak diizinkan ikut Liga 2 2020 sebelum melunasi kewajibannya.

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) sudah berkoordinasi dengan APPI terkait hal ini. Mereka pun akhirnya tidak menerbitkan rekomendasi.

Liga 1 Musim Depan Berisi Wakil Seluruh Pulau

Namun apa daya, Menpora Zainudin Amali sebagai atasan mereka malah datang ke pembukaan Liga 2 2020 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Itu artinya dia merestui kompetisi bergulir meski ada beberapa masalah yang tertinggal.

Pemberitaan mengenai tunggakan gaji klub Liga 2 2020 mulai mengemuka. PSPS Riau menjadi klub pertama yang memberikan respons, sebab memang kasus mereka yang menjadi sorotan utama.

Duel Mitra Kukar vs Bogor FC Sulut United

PSPS sudah dinyatakan bersalah oleh Badan Penyelesaian Sengketa Nasional (NDRC). Jika belum melunasi tunggakan, tim berjuluk Askar Bertuah tak boleh mendaftarkan pemain dalam tiga periode.

Namun siapa sangka putusan tersebut dilewatkan begitu saja. PSSI dan PT LIB tetap membiarkan mereka berkompetisi, padahal jika merujuk putusan NRDC, mereka seharusnya tak punya pemain.

PSPS pun berkilah. Mereka mengaku sudah berkirim surat kepada PT LIB untuk membayarkan utang lewat uang subsidi Liga 2 2020 sebesar Rp1,25 miliar.

Tapi apakah itu cukup kuat dijadikan alasan? Kuasa hukum APPI, Riza Hufaida mengingatkan PT LIB untuk tak menganggap enteng masalah ini. Sebab, bisa jadi sekarang dibayar lewat subsidi, tapi para pemain musim ini masih dibayangi ancaman sama, yakni gajinya baru dibayar tahun berikutnya.

Belum lagi skema pembayaran uang subsidi dari PT LIB kepada klub dibayarkan melalui skema per termin. Bisa jadi empat kali lebih cicilan. Pemain tetap saja menjadi korban.

"Itu utang dari tahun kapan, jaminannya juga apa? Kalau utang-utang itu bisa dicicil, percayalah tahun depan bakal banyak yang jauh lebih bermasalah," kata Riza.

Perserang menempuh jalan berbeda dengan PSPS. Begitu kabar tunggakannya terkuak ke publik, mereka langsung melakukan pelunasan. 

Alhamdulillah semua masalah itu sudah selelsai. Kami ikuti aturan semua dan sudah beres," ujar Chief Executive Officer (CEO) Perserang, Babay Karnawi.

Kemudahan Perserang untuk melunasi tunggakan tak lepas dari total nilainya. Dari data yang diperoleh, mereka menunggak gaji 11 pemain dengan jumlah total Rp52.875.000.

Jumlah tersebut tidak sangatlah kecil jika dibandingkan dengan Kalteng Putra. Total ada 26 pemain mereka di Liga 1 2019 lalu yang belum dibayarkan gajinya mencapai Rp1,6 miliar lebih.

Sedangkan Mitra Kukar masih menunggak gaji 13 pemainnya. Total utang klub berjuluk Naga Mekes mencapai Rp951 juta.

"Ada pemain yang sampai empat bulan belum dibayar. Kami sudah kasih peringatan juga," ujar Riza.

Dikatakan Riza, utang Mitra Kukar tadinya lebih besar dari jumlah itu. Namun, mereka sempat melakukan pembayaran setengah hingga satu bulan.

Baca juga

Zlatan Ibrahimovic Galang Dana, Ayo Tendang dan Kalahkan Virus Corona

Akhir Karier Paul Pogba di Manchester United?

Eks Pemain Kalteng Putra Marah, Haknya Rp200 Juta Lebih Belum Dibayar

Persib bisa juara berkat Wander Luiz? Apakah Wander Luiz benar-benar Wonderfull? Cek pada video di bawah:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya