Mencari Pengganti Simon McMenemy, PSSI Tak Tutup Peluang Pelatih Lokal

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

VIVA – Simon McMenemy akhirnya dilengserkan dari kursi kepelatihan timnas Indonesia menyusul performa minornya di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Lalu, siapa yang akan menggantikannya?

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Bersama Simon, skuat Merah Putih masih nihil poin di empat laga ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang dilakoninya. Mereka menelan empat kekalahan dari empat laga. Kondisi itu disinyalir menjadi alasan utama PSSI untuk memecatnya.

Soal pengganti juru taktik asal Skotlandia itu, ada dua nama yang sudah merebak. Yaitu Luis Milla dan mantan pelatih Korea Selatan, Shin Tae Yong.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Namun terbaru, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan tidak menutup kemungkinan bakal menggaet di luar dua nama itu. Menurut pria yang disapa Iwan Bule itu, pelatih lokal bisa saja menjadi pilihannya.

"Kita baru ada dua nama, tentunya nanti ada nama susulan yang sekarang kita belum dapatkan. Kalau nanti pelatih nasional lebih baik tentu kita pilih yang nasional, tapi kita akan bisa menyaring dari assessment atau pola yang dilakukan untuk melatih timnas kita," kata Iwan di Jakarta, Rabu 6 November 2019.

Barcelona Cegah Xavi Pergi

"Masih ada peluang, nanti kita akan komunikasi. Pada saat dua hari mendatang kita akan kumpul dengan para pelatih lokal untuk mereka memberikan masukan kepada kita," lanjut dia.

Simon masih akan mendampingi skuatnya untuk berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Laga kontra Malaysia pada 19 November 2019 menjadi yang terakhir. 

Thom Haye

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Timnas Indonesia kini dihuni pemain-pemain yang berkarier di sepakbola Eropa. Mereka memiliki banderol yang lebih mahal ketimbang pemain yang berkarier di dalam negeri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024