Tira Persikabo dan Semen Padang Kena Sanksi FIFA

Gelandang Tira Persikabo, Wawan Febrianto membobol gawang Arema FC
Sumber :
  • instagram.com/officialpersikabo/

VIVA – Dua klub Liga 1, Tira Persikabo dan Semen Padang, harus menerima kenyataan mendapat hukuman dari FIFA. Keduanya dijatuhi hukuman setelah terbukti melanggar kontrak pemain.

Semen Padang FC Didenda Rp100 Juta dan 3 Laga Tanpa Penonton

Tira Persikabo disebut masih menunggak gaji mantan pemainnya, Elio Martins. Kemudian, Semen Padang dihukum karena kasus yang sama, menunggak gaji eks pemainnya, Tristan Koskor, pada 2018 lalu.

Dalam putusan FIFA Dispute Resolution Chamber, ditegaskan, kedua klub ini tak bisa beraktivitas dalam bursa transfer di tiga periode.

PSBS Biak Buka Suara Terkait Kerusuhan Suporter di Kandang Semen Padang

Satu-satunya jalan keluar untuk membebaskan sanksi ini, Tira Persikabo dan Semen Padang membayar kewajibannya kepada Martins serta Koskor.

PT Liga Indonesia Baru dan PSSI juga sudah diberitahu keputusan ini oleh FIFA. Selaku operator Liga 1, LIB langsung melakukan pemblokiran sistem pendaftaran pemain Tira Persikabo dan Semen Padang, setidaknya sampai kewajiban mereka ke Martins dan Koskor dipenuhi.

Liga 1 Musim Depan Berisi Wakil Seluruh Pulau

"Kami juga sudah menginformasikan secara resmi kepada Tira Persikabo dan Semen Padang terkait putusan ini. Atas kasus ini, kami juga sudah informasikan putusan FIFA kepada klub Liga 1 dan Liga 2 yang baru saja promosi," kata Manajer Kompetisi LIB, Asep Saputra, dilansir situs resmi Liga 1.

Bhayangkara FC saat kalahkan Persik Kediri

'PS TNI' dan 'PS Polri' Degradasi dari Liga 1

Ada hal menarik terkait asal usul dua klub Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC. Keduanya berasal dari dua instansi militer, yakni PS TNI dan PS Polri.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024