Hasrat Aji Tuntaskan Dendam Persebaya pada Arema

Final Piala Presiden Persebaya vs Arema
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Derby Jatim antara Persebaya melawan Arema di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis 12 Desember 2019, memang tak begitu penguruh dalam klasemen Liga 1.

Hasil Liga 1: Borneo FC Dipastikan Lolos Championship Series, Persikabo Masih di Dasar Klasemen

Namun duel ini bukan sekadar urusan perebutan peringkat klasemen jelang Liga 1 berakhir. Sudah jadi rahasia umum, duel dua tim selalu melibat gengsi dan harga diri antara dua kelompok suporter, Aremania dan Bonek.

Bagi Persebaya, duel ini penting sebagai penuntasan dendam lantaran di tahun 2019 ini, Bajol Ijo dua kali ditekuk Arema. Kekalahan pertama Persebaya dari Arema terjadi di leg kedua final Piala Presiden 2019. Saat itu pertandingan digelar di Stadion Kanjurahan, Malang dan Persebaya menyerah 0-2

Wahyudi Hamisi Penendang Kepala Bintang Persebaya, Selalu Gagal Masuk Timnas Indonesia

Kekalahan kedua terjadi di putaran pertama Liga 1 2019. Masih berlaga di Stadion Kanjuruhan, Persebaya kembali babak belur dihajar empat gol tanpa balas. Akibat kekalahan ini, pendukung Persebaya Bonek meradang dan sempat menyegel kantor Persebaya.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso paham betul rivalitas kedua tim. "Kami akan fight untuk mendapatkan apa yang menjadi keinginan saya, manajemen, pemain, dan suporter. Tetapi, ini tidak akan mudah dan perlu perjuangan keras," kata pelatih 49 tahun ini.

Wahyudi Hamisi, Sang Malaikat Maut Pencabut Karier Pemain Argentina Milik Persebaya

Persabaya sendiri punya modal bagus untuk menuntaskan dendam pada Arema. Enam laga Persebaya dilalui tanpa kekalahan. Empat kemenangan dan dua kali imbang. Bajol Ijo bahkan baru saja meraih dua kemenangan beruntun melawan Madura United (3-2) dan Bhayangkara FC (4-0).

Raihan itu membuat posisi Persebaya melejit ke peringkat kelima klasemen sementara. Sedangkan Arema sedang dalam kondisi sebaliknya. Di laga terakhir, Singo Edan digebuk PSIS Semerang, 1-5.

“Tentunya hasil itu tidak bisa menjadi ukuran. Tetapi paling tidak kami memiliki modal yang bagus. Sebab hingga enam laga yang dilalui Persebaya sangat positif. Dan kami bertekad melanjutkan tren positif ini. Tentunya dengan meraih tiga angka di laga besok sore,” tekad Aji dalam sesi jumpa pers sore ini.

Sayangnya, Persebaya tak bisa mengandalkan dukungan ribuan bonek meski berstatus laga home. Sebab, pertandingan digelar di Balikpapan tanpa penonton lantaran sanksi Komdis. Namun, ini menjadi kesempatan kedua tim membuktikan siapa yang terbaik tanpa mengandalkan dukungan non teknis, suporter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya