Parah, Pelatih Vietnam Hasut Shin Tae Yong Tak Latih Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo
Sumber :
  • VFF

VIVA – Tak lama lagi akan ada dua pelatih asal Korea Selatan yang menangani Tim Nasional (Timnas) di Asia Tenggara. Pertama adalah Park Hang-seo yang telah lebih dulu melatih Timnas Vietnam.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa

Dalam beberapa waktu ke depan, kompatiot Hang-seo, Shin Tae Yong bakal melatih Timnas Indonesia. Tae Yong dikabarkan akan tiba di Indonesia pada Kamis 26 Desember 2019 untuk finalisasi kontrak.

Hang-seo mengaku kenal dekat dengan Tae Yong. Dia menyebut pelatih 50 tahun tersebut memiliki kualitas sebagai pelatih top. Sebagai buktinya, Tae Yong berhasil membawa Timnas U-23 Korsel melaju ke babak perempat final Olimpiade Rio 2016.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Selain itu, Tae Yong membawa Timnas U-23 Korea Selatan menjuarai Piala AFC U-23 di tahun yang sama. Sementara itu, di level U-20, Tae Yong sukses membawa Korea Selatan melaju hingga babak 16 besar Piala Dunia U-20 2017. Puncaknya, Tae Yong membawa Korsel ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Dengan segala pengalamannya itu, PSSI pun dikabarkan menawarkan gaji tinggi kepada Tae Yong. Sebagai balasan, Tae Yong akan menangani Timnas Indonesia, dan melahirkan pemain-pemain muda berkualitas Indonesia yang akan dimainkan pada Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Mengenai hal itu, Hang-seo memberikan nasihat kepada Tae Yong. Dia berharap rekannya itu dapat berpikir dua kali untuk melatih di Indonesia. Selain itu, menurut Hang-seo, Tae Yong jangan hanya melihat kontrak dari kisaran gaji yang diberikan PSSI. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah perkembangan karier sebagai pelatih. 

"Tae Yong saudara saya dan saya mencintai dia. Dia memiliki kualitas makanya diperhatikan Indonesia," kata Hang Seo, dikutip dongA.

Mantan Pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018, Shin Tae Yong

"Tapi, menurut saya Tae Yong harus pergi ke mana dia bisa membangun karier kepelatihannya. Uang, reputasi memang sangat penting, tapi hal itu bukanlah yang utama untuk mencapai tujuan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pelatih yang berhasil membawa Timnas U-23 Vietnam meraih medali emas SEA Games 2019 Filipina itu juga menyebut Tae Yong akan kesulitan beradaptasi dengan budaya di Indonesia.

"Sulit untuk hidup di Asia Tenggara atau Cina. Bahasa, komunikasi, adat dan budaya berbeda dari Korea. Indonesia memiliki masalah agama. Sementara itu, Cina juga punya masalah sendiri," tuturnya.

Tae Yong memang memiliki pilihan selain Timnas Indonesia yaitu klub Liga China, Shenzen FC. Bahkan, sebelumnya dia dikabarkan selangkah lagi menyepakati kontrak. Namun, Tae Yong membantah hal tersebut dan menyebut memilih Indonesia sebagai pelabuhannya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya